You are here: Home » Tragedi » Turbulensi? Cepat lakukan 5 hal ini

Turbulensi? Cepat lakukan 5 hal ini

Turbulensi? Cepat lakukan 5 hal ini – Pernahkah kita naik pesawat dan mengalami guncangan ketika berada di udara yang disebabkan oleh turbulensi? Tapi apakah turbulensi itu?

Secara singkat turbulensi adalah kejadian pada pesawat yang sedang terbang karena adanya perubahan aliran udara yang ada disekitar badan pesawat.

Itulah kenapa saat berada di udara terkadang pesawat sesekali berguncang. Dan Turbulensi inilah yang mengakibatkan banyak orang akhirnya takut naik pesawat karena selalu mengingatkan mereka akan kejadian di pemberitaan nasional tentang kecelakaan udara.

Namun secara umumnya, turbulensi bukanlah hal yang harus di takuti. Namun walaupun begitu, turbulensi tidak juga dianggap sebagai sesuatu yang kecil dan dapat disepelekan.

Dan agar kita bisa tetap tenang saat terjadi turbulensi, berikut adalah cara- cara jitu yang bisa kita lakukan dengan segera.

  1. Jangan panik

Panik adalah salah satu hal utama yang menjadikan seseorang melakukan hal- hal bodoh dan ceroboh.

Untuk itu ketika kita berada pada keadaan yang menekan dan mendesak sekalipun, kita harus bisa mengendalikan diri kita agar tidak panik. Kita harus bisa berfikir jernih dan selalu menggunakan nalar pikiran sehat kita disaat banyak orang panik.

Seperti misalnya tetap duduk tenang saat semua orang berteriak ketakutan.

Mengendalikan diri bisa menjadikan kita tetap tenang dan tetap terkendali agar tetap dapat melakukan apa yang seharusnya kita lakukan.

  1. Jangan melepas seatbelt

Seatbelt adalah salah satu elemen penting saat di udara. Karena seatbelt dapat melindungi tubuh kita jika sewaktu- waktu terjadi goncangan yang keras agar kita tetap berada di tempat.

Untuk itu, jangan pernah melepas seatbelt walaupun sudah bisa dilepas saat pesawat sudah berada di udara karena turbulensi bisa terjadi kapan saja, dimana saja, dan terkadang tanpa terduga.

Lepaskan seatbelt hanya pada saat dibutuhkan saja seperti misalnya kita hendak menuju toilet. Dan jika memang bisa, ada baiknya kita justeru ke toilet sebelum pesawat lepas landas sehingga ketika sudah diudara kita tidak perlu lagi pergi ke toilet.

  1. Baca buku panduan

Setiap kursi yang diduduki penumpang selalu memiliki kantung dibagian belakangnya yang biasanya memuat buku panduan. Baca dengan seksama buku panduan tersebut hingga kita memahaminya sekaligus juga sebagai bacaan agar kita tidak jenuh ketika berada di udara.

  1. Perhatikan peragaan yang dilakukan pramugari

Setiap sebelum keberangkatan, pramugari pesawat selalu melakukan peragaan yang berguna ketika terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan terjadi pada pesawat.

Pahami apa yang harus dilakukan akan sangat membantu ketika kita terjebak pada situasi yang tidak menyenangkan itu.

  1. Perhatikan barang yang dibawa

Tidak semua barang yang dibawa penumpang diletakan di bagasi pesawat.

Karena jika barang yang dibawa adalah barang yang kecil dan tidak memakan banyak tempat, barang tersebut pasti akan diletakan di kabin yang letaknya berada di atas kursi penumpang. Saat terjadi turbulensi, perhatikan kabin- kabin ini.

Jangan sampai ketakutan kita menjadikan kita lengah dan tidak memperhatikan barang yang ada di kabin atas kepala kita. Karena jika barang yang ada di kabin jatuh, maka barang itu akan jatuh diatas kepala kita dan bisa melukai kita.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan saat turbulensi terjadi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Penyakit Mematikan yang Disebabkan Oleh Global Warming

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *