You are here: Home » Biologi » Tanaman Obat Herbal : Daun Nilam

Tanaman Obat Herbal : Daun Nilam

Tanaman Obat Herbal : Daun Nilam – Nilam merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang diklaim berasal dari salah satu negara di Asia Tenggara dan Filipina. Tanaman nilam ini mempunyai nama latin (pogostemon patchouli, atau pogostemon cablin benth atau pogostemon mentha). Nilam merupakan salah satu bagian dari tumbuhan semak yang memiliki tinggi pohon sekitar 500 cm hingga 1 meter. Nilam memiliki banyak cabang berbulu dan bertingkat – tingkat mengitari batangnya dimana batang pohon ini berkayu dengan diameter rata – rata 10 – 20 cm dan berwarna keungu – unguan.

Minyak yang berasal dari tanaman obat herbal nilam ini bisa dimanfaatkan sebagai obat – obatan terhadap beberapa jenis penyakit, diantaranya adalah eksim, anti – septik, anti – jerawat, mengurangi inflamasi, membantu mengatasi kecemasan dan kegelisahan, juga depresi. Di samping itu, minyak yang berasal dari daun nilam ini dapat membantu orang – orang yang susah tidur menjadi sehat dan bisa menenangkan pikiran, dan daun nilam mempunyai sifat afrodisiak yang berarti bagus dimanfaatkan untuk meningkatkan gairah seksual.

Baca Juga : Penyakit Talas

Manfaat Dan Khasiat Daun Nilam

1.Biasa dimanfaatkan sebagai obat pereda stress, pemberian daun nilam dalam hal ini berbentuk minyak yang diberikan secara teratur dan dengan dosis yang tepat akan membantu anda menenangkan dan menyamankan pikiran.

2.Aroma dari daun nilam yang sudah diolah menjadi minyak ini oleh sebagian orang memanfaatkannya sebagai parfum dan aroma terapi.

3.Disentri bisa disembuhkan dengan menggunakan olahan dari daun nilam dengan cara merebus 100 gram daun nilam kering yang telah dibersihkan dengan 3 gelas air, tunggu hingga susut menjadi 1 gelas saja. Kemudian anda minum layaknya anda meminum teh selama sakit.

4.Anti jerawat, daun nilam yang telah diproses hingga menjadi produk kosmetik yang saat ini banyak dijual di apotik terbukti ampuh untuk mengurangi jerawat yang tumbuh di wajah, leher atau punggung. Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa patchouli alkohol sebagai kandungan utama yang terdapat dalam daun nilam yang diproses menjadi minyak nilam telah bekerja secara efektif. Bioaktivitas nilam yang berfungsi sebagai anti – bakteri dan anti – jamur mampu menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang bermanfaat sebagai penghilang jerawat.

5.Anda juga bisa memanfaatkan daun nilam sebagai salah satu penyedap dan bumbu beberapa jenis masakan tertentu untuk menambah cita rasa dan memberikan aroma pada masakan anda.

6.Air rebusan daun nilam bermanfaat untuk pengobatan bisul, obat batuk, hingga obat asma.

7.Khasiat daun silam yang lainnya adalah ampuh untuk membantu menghilangkan bau keringat pada badan. Langkah yang harus anda ambil untuk mengolah daun nilam ini hingga menjadi penghilang bau keringat antara lain dengan mencuci 100 gram daun nilam yang masih segar, kemudian rebus menggunakan 10 liter air bersih selama kurang lebih 15 menit. Kemudian, gunakan air rebusan tersebut untuk mandi.

8.Hal ini dikarenakan daun nilam mempunyai efek farmakologis sebagai deodoran atau pengusir bau tak sedap pada badan anda.

9.Daun nilam juga bermanfaat sebagai obat luka karena kandungan anti – septiknya yang ampuh buat menyembuhkan beberapa luka pada kulit.

10.Daun nilam yang sudah diolah menjadi minyak bermanfaat sebagai pengusir serangga terutama serangga pada pakaian dan yang bersarang di kamar mandi. Daun nilam yang diletakkan diantara lipatan – lipatan buku atau pakaian ampuh buat mencegah kehadiran serangga – serangga yang tidak diinginkan.

Sebenarnya tidak hanya minyak nilam saja yang ampuh mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit, akar dan daun nilam juga memiliki khasiat penyembuhan diantaranya seperti obat rematik, yaitu dengan meremas akar nilam yang sudah dibersihkan lalu dioleskan pada bagian yang sakit. Sedangkan untuk mengobati bisul dan sakit kepala, daun nilam yang diremas bisa dioleskan pada tempat yang sakit dan sangat manjur untuk mengobatinya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat, semoga bermanfaat !

Baca Juga : Manfaat Booting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *