You are here: Home » Makanan » Resep Praktis Membuat Dessert Klapertart Blueberry Ala Café Mediterania

Resep Praktis Membuat Dessert Klapertart Blueberry Ala Café Mediterania

Resep Praktis Membuat Dessert Klapertart Blueberry Ala Café Mediterania – Jenis buah berry sangat cocok diplih untuk bahan dasar membuat dessert.

Bentuknya cantik, cita rasa yang segar serta banyak memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh seorang wanita sehingga kerap dijadikan sebagai bahan untuk membuat sajian berupa menu diet yang berasa enak, tentunya dengan imajinasi yang tinggi untuk mampu berkreasi, anda dapat membuat dessert sendiri seperti di café – café Mediterania yang saat ini sudah menyebar ke seluruh dunia.

Baca Juga : Pengertian Kata Serapan

Ingin tahu caranya ? Begini resepnya  :

Bahan membuat :

  •    4 buah  kelapa muda dengan daging yang gurih dan sangat lembut
  •    150 ml  rum
  •    40 gram buah blueberry segar, haluskan hingga membentuk pasta

Cara membuat custard adalah :

  • 450 ml susu cair
  • 100 ml susu kental manis
  • 300 ml air kelapa muda
  • 75 gr mentega tawar
  • 50 gr tepung maizena
  • 4 kuning telur ayam
  • 150 gram gula pasir

Cara membuat topping adalah :

  • Kayu manis bubuk
  • 50 gram kenari, sangrai, cincang kecil – kecil

Cara membuat adalah :

Keruk daging kelapa muda dengan menggunakan sendok. Lakukan perlahan agar kulit ari kelapa tidak ikut terkeruk lalu sisihkan. Campurkan air kelapa dengan susu kental manis, aduk hingga larut, panaskan mentega, setelah leleh masukkan tepung.

Aduk – aduk hingga semua tepung terbalur mentega lalu kecilkan api. Masukkan campuran susu cair sedikit demi sedikit, kemudian masukkan gula pasir aduk hingga larut dan kalis, setelah itu masukkan campuran air kelapa dan susu kental manis, aduk hingga rata, kemudian kocok lepas telur, campurkan dengan 2 sendok sayur adonan agar telur mudah menyatu saat anda akan mencampurkan ke adonan.

Kocok kembali lalu tuang ke dalam adonan dan masak hingga mengental. Setelah kental, masukkan rum, blueberry, dan kelapa muda, selanjutnya aduk rata, agar tidak pecah, angkat adonan saat letupan pertama muncul, tuang ke dalam pinggan tahan panas ukuran personal. taburi kacang kenari dan kayu manis bubuk di atasnya. Masukkan di dalam lemari pendingin, sajikan.

Anda apat memanfaatkan rum ke dalamnya, namun cita rasa kayu manis akan semakin kuat jika anda suka maka disarankan untuk memberi tambahan berupa rempah serbuk kayu manis. Tujuan penggunaan rum sendri adalah agar rasa klapertart di atas tidak terlalu manis. Perhatikan api saat memasaknya. Apabila terlalu besar maka akan membuat adonan kering.

Jangan lupa untuk memasaknya harus terus diaduk – aduk dan diperhatikan, saat timbul letupan pertama, makan anda harus angkat. Jika terlambat maka haslnya akan tidak lembut. Melihat komponen bahannya, klapertart di atas banyak mengandung kalori yang tinggi. Karena itu sebaiknya disantap dalam porsi kecil saja dan terbatas sebagai dessert atau sarapan pagi.

Semoga bermanfaat !

Baca Juga : Pengertian Booting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *