You are here: Home » Biologi » Proses Glikolisis Aerobik

Proses Glikolisis Aerobik

Proses Glikolisis Aerobik – Glikolisis merupakan gabungan 2 kata yaitu gliko dan lisis yang berarti gula dan pemecahan. Dilihat dari arti kata tersebut, dapat dilihat kalau glikolisis adalah proses pemecahan gula.

Proses Glikolisis Aerobik

Proses Glikolisis Aerobik

Umumnya glikolisis bisa Anda temukan pada saat proses respirasi sel. Dimana gula akan diubah menjadi ATP atau energi.

Bicara soal glikolisis pasti tidak akan pernah lepas dengan respirasi sel. Karena memang glikolisis bagian dalam respirasi sel tersebut. secara singkat, respirasi sel adalah perubahan glukosa menjadi ATP yang akan berguna pada tumbuhan.

Baca juga : Cara Budidaya Tanaman Jambu Air

Pada proses respirasi sel terdapat 2 macam yaitu aerob yang melibatkan oksigen dan anaerob yang tidak melibatkan oksigen untuk respirasi sel.

Selain glikolisis, pada respirasi sel juga terjadi dekarboksilasi oksidatif dan juga siklus kreb. Di tambah dengan glikolis maka serangkaian respirasi sel akan terjadi dan menghasilkan ATP.

Tahapan Proses Glikolisis Aerobik

Dalam proses glikolisis aerobik terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui. Pertama yaitu adanya penambahan gugus fosfat yang melibatkan enzim heksokinase.

Enzim heksokinase bertugas untuk memisahkan kelompok fosfat dari ATP dan menambahkan molekul tersebut pada glukosa.

Dan hasilnya berupa glukosa 6-fosfat, serta ATP akan menjadi ADP. Tahapan yang kedua melibatkan enzim fosfoglukosaisomerase yang membantu pembuatan fruktosa 6-fosfat yang bersifat isomer.

Pada tahapan ketiga fruktosa isomer 6-fosfat dirubah menjadi fruktosa 1,6 -difosfat karena enzim fosfofruktokinase, serta menghasilkan 1 ATP. Pada tahapan keempat, akan terjadi pemisahan fruktosa 1,6 menjadi 2 bagian molekul yang saling isomer.

Pada tahapan ini akan melibatkan enzim aldolase. Hasil dari tahapan keempat ini adalah gliseraldehida serta fosfat dihidroksiaseton.

Pada tahap kelima, enzim fosfat triose akan mengubah fosfat dihidroksiaseton menjadi fosfat gliseraldehida. Sehingga akan menghasilkan 2 fosfat gliseraldehida.

Pada tahap keenam, akan terjadi pembentukan NADH dan 1,3 asam bifosfogliserat dengan bantuan enzim fosfat dehidrogenase triose.

Pada tahap ketujuh merupakan lanjutan dari tahap sebelumnya, dimana akan terjadi pembuatan ATP dan 3-fosfogliserat sebanyak 2 molekul.

Proses glikolisis aerobik tahap kedelapan yaitu enzim fosfoogliseromutase akan mengubah 2 molekul 3-fosfogliserat menjadi asam 2-fosfogliserat.

Untuk tahap berikutnya atau tahap kesembilan, enzim enolase akan membantu menghilangkan molekul air pada asam 2-fosfogliserat sehingga akan terbentuk asan fosfoenolpiruvat.

Untuk tahap glikolisis aerobik yang terakhir yaitu enzim piruvatkinase akan mengubah hasil dari tahap sebelumnya menjadi 2 molekul ATP dan 2 molekul asam piruvat.

Jadi dalam proses glikolisis aerobik akan menghasilkan 2 molekul ATP, 2 molekul asam piruvat dan 2 molekul NADH.

Baca juga : Bioteknologi Pertanian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *