You are here: Home » Biologi » Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Kamboja Jepang

Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Kamboja Jepang

Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Kamboja Jepang – ‘Adenium Obesum’ merupakan varietas dari Bunga Kamboja yang saat ini keberadaannya paling banyak dicari dan dikumpulkan oleh pengkoleksi tanaman hias di Indonesia bahkan mancanegara.

Di Indonesia, tanaman hias ini terkenal dengan sebutan sebagai Bunga Kamboja Jepang. Kenapa ? Padahal tanaman ini bukan berasal dari Jepang ? Nah disebut dengan nama Kamboja Jepang karena pada umumnya cara budidaya tanaman ini adalah melalui tehnik bonsai.

Tehnik bonsai diaplikasikan karena tanaman hias ini mempunyai keindahan batang yang hampir mendekati sempurna, dimana ketika sedang musim berbunga maka tanaman ini benar – benar menjadi bunga primadona di kalangan pecinta tanaman hias.

Mengenal Karakter Tanaman Kamboja Jepang

1/Kapan waktu yang tepat untuk berbunga bagi Kamboja Jepang

Penyerbukan terhadap Kamboja Jepang sangat mudah dilakukan, meskipun demikian ada beberapa faktor yang mempengaruhi agar proses ini berjalan dengan lancar yaitu banyaknya bunga, sehingga proses penyerbukan disarankan untuk dilakukan ketika sedang masa tanaman ini berbunga yaitu sepanjang tahun. Juga tanaman hias ini memiliki sifat atau karakteristik yang berbeda – beda terhadap masing – masing jenis Bunga Kamboja. Maka dari itu sangat mudah melakukan penyerbukan antar jenis Kamboja Jepang seperti yang selama ini banyak dilakukan oleh para ahli tanaman.

2/Tipe penyerbukan Kamboja Jepang

Penyerbukan Bunga Kamboja Jepang dapat dilakukan dengan 2 jenis yaitu penyerbukan oleh hewan dan manusia. Disarankan untuk memilih cara penyerbukan oleh manusia saja karena akan lebih cepat mendapatkan hasil jika dibandingkan dengan penyerbukan melalui hewan.

3/Hama dan penyakit yang menyertai

Pada kondisi yang sangat buruk akan berpengaruh buruk sekali terhadap perkembangan dan pertumbuhan dari tanaman hias Bunga Kambija Jepang ini, dimana bunga ini akan menghasilkan pemekaran bunga yang kurang kompak, warna bunga yang agak pucat / pudar, dan bunga yang gagal mekar dalam ukuran jumbo. Hama dan penyakit Bunga Kamboja Jepang adalah sejenis kutu bunga yang memiliki warna kuning. Lakukan pencegahan dengan segera yaitu dengan menyemprotkan pestisida di sekujur tubuh tanaman yang terkena hama ini sesuai dengan aturan.

Proses / Cara Terjadinya Penyerbukan Tanaman Hias Bunga Kamboja Jepang

Yang dimaksud dengan penyerbukan dalam hal ini adalah sebuah fase pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tanaman yang dimaksudkan. Dimana hasil yang diperoleh adalah mendapatkan hasil berupa sebuah individu baru yang lebih menarik sehingga anda secara tak langsung turut serta dalam membantu menjaga kelestarian tanaman ini dari kepunahan dan tanaman ini menjadi sangat mudah ditemukan sehingga siapa saja bisa menanam dan memeliharanya di rumah.

Nah berikut ini akan kami berikan ‘step by step’ cara penyerbukan Bunga Kamboja yang perlu anda perhatikan sehingga hasilnya sempurna.

Pertama – tama adalah siapkan Bunga Kamboja Jepang yang mempunyai diameter batang dan ukuran bunga cukup besar dan berlilin / bermahkota tebal yang menandakan bahwa bunganya bisa tahan lama / awet dalam beberapa hari. Yang diperlukan dalam hal ini adalah bunga yang menyimpan banyak serbuk sari dan rumpun bunga lainnya sebagai penyedia putik serta tempat bakal berkembangnya biji – biji baru.

Potong dengan hati – hati pada bagian kelopak bunga pilihan untuk memperoleh bagian serbuk sari dari kelopak bunga agar terlihat dengan jelas dan dangkal. Gunakan tusuk gigi yang baru guna mengumpulkan atau mengambil serbuk sari Bunga Kamboja pilihan yang memiliki diameter besar. Selanjutnya adalah taburkan merata pada bagian putik Bunga Kamboja yang lainnya. Pastikan anda untuk meletakkannya dengan benar agar proses pembuahan berjalan dengan baik.

Selanjutnya tutup permukaan Bunga Kamboja Jepang dimana anda menjadikannya sebagai media penyerbukan dengan memakai ‘selotip’ agar serbuk sari tak mudah beterbangan atau berpindah – pindah tempat.

Apabila penyerbukan berhasil maka dapat ditandai dengan terlepasnya kelopak Bunga Kamboja. Selanjutnya adalah fase berkembangnya bagian bunga yang berfungsi sebagai wadah untuk membentuk bakal biji yaitu ‘stigma’. Nah bakal biji inilah yang nantinya akan berkembang menjadi biji dengan mempunyai ukuran rata – rata tak terlalu besar tetapi mudah dilihat / dipegang dan dirasakan. Bentuknya lonjong dan panjang serta bertekstur kasar dengan warna seragam yaitu cokelat muda.

Demikian kami melaporkan dengan sederhana dan singkat tentang proses, cara dan jenis penyerbukan Bunga Kamboja Jepang untuk memudahkan anda dalam melakukan sehingga menghasilkan tanaman baru yang cantik. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *