You are here: Home » Biologi » Proses Cara dan Jenis Penyerbukan Bunga Aster

Proses Cara dan Jenis Penyerbukan Bunga Aster

Proses Cara dan Jenis Penyerbukan Bunga Aster – Selamat malam , pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan cara dan jenis penyerbukan , apakah orang tua kalian mempunyai sebuah kebun ? apakah anda bercita cita menjadi seorang petani yang sukses ?

kalau begitu anda harus tau bagaimana cara penyerbukan yang baik dan benar karena penyerbukan merupakan bagian penting dari proses reproduksi tumbuhan berbiji.

Penyerbukan adalah jatuhnya serbuk sari pada permukaan putik. Pada sebagian besar bunga , peristiwa ini berarti jatuh pada bagian kepala putik.

Ciri penyerbukan yang sukses adalah akan diikuti segera dengan tumbuhnya buluh serbuk yang memasuki saluran putik menuju bakal biji.

Di bakal biji terjadi peristiwa penting berikutnya , yakni pembuahan. Lantas bagaimana proses atau cara penyerbukan pada bunga aster ?

Penyerbukan Bunga Aster Silang

Pada Proses penyerbukan bunga aster dengan teknik ini dilakukan kepada dua jenis bunga aster yang berbeda , ialah berbeda warna dan bentuk.Perlu diketahui bahwa bunga aster terdiri dari warna merah muda , kuning muda , putih , merah , violet dan lain lain .

Selain itu bentuknya bisa dilihat dari mahkota bermacam macam seperti sendok , tabung , sangat mirip dengan laba laba . dan tersusun atas 5 lapis , membulat dan masih banyak yang lain lagi, Untuk proses dan cara nya adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan 2 bunga aster dengan berbeda jenis bunga , baik dari bunga , warna , ataupun beda bentuk mahkota .
  2. Ambil brush ataupun kuas dari serbuk saribunga aster pertama.
  3. Lalu pindahkan pada bunga aster yang kedua sampai merata.
  4. Bungkuslah bunga aster yang anda lalukan penyerbukan atau aster yang menjadi pembuahan dengan plastik yang diberi lubang.
  5. Tunggu sampai bagian organ seksualnya menghasilkan biji .

Jika penyerbukan aster berhasil biji yang dihasilkan akan berwarna coklat kehitaman atau coklat muda pucat setelah itu , biji ini bisa dimanfaatkan untuk penanaman pada bunga aster berikutnya.

Penyerbukan Bunga Aster Sendiri

Selain itu , teknik penyerbukan bunga aster ini adalah penyerbukan yang dilakukan pada satu bunga yang sama. Mulai dari warna, bentuk mahkota dan bunganya.

Biasanya teknik ini dilakukan untuk bunga aster yang sudah berusia tua , dengan bunga aster yang berusia muda , dan berikut adalah proses dan cara penyerbukannya :

  1. Siapkan 2 buah bunga aster dengan warna dan mahkota yang sama.
  2. Ambil brush atau kuas dan ambil serbuk sari bunga tuanya.
  3. Kemudia pindahkan pada bunga aster yang muda.
  4. Tungulah hingga terjadi perubahan warna pada pollen bunga aster dengan sendirinya.

Itulah cara proses penyerbukan pada bunga aster sebenarnya sangat mudah jika kita sudah paham betul , dan untuk jenis penyerbukannya pun ada beberapa macam atau jenis.

Penyerbukan oleh angin

Bunga yang diserbukan oleh angin mempunyai ciri ciri sebgai berikut , bunganya tidak berwarna dan tidak mempunyai kelenjar madu. Lalu serbuk sari berjumlah banyak dan ringan sehingga mudah diterbangkan oleh angin . Dan kepala sari besar lalu tangkai sat\ri panjang serta bergoyang kalau di tiup oleh angin.

Selain itu putiknya terentang keluar , panjang , dan berbulu . seperti contoh penyerbukan oleh angin adalah bunga kelapa , rumput dan jagung.

Penyerbukan oleh hewan

Hewan yang umum berfungsi sebagai perantara penyerbukan adalah serangga misalnya lebah atau kupu kupu , bahkan tidak hanya serangga hewan lain pun bisa menjadi perantara penyerbukan seperti , siput , burung dan kelelawar , kemudia ciri ciri bunga yang diserbukan oleh hewan adalah memiliki mahkota berwarna warni sebagai daya tarik , memiliki bau yang harum dan mempunyai kelenjar madu , Lalu serbuk sarinya berlendir sehingga dapat melekat ditubuh hewan .

Penyerbukan oleh air

Penyerbukan ini terjadi pada tumbuhan yang bunganya terendam air seperti misalnya hydrilla.

Penyerbukan oleh manusia

Selain secara alami , penyerbukan juga dapat dilakukan dengan pertolongan manusia , misalnya pada salak dan vanili. Selain itu bunga , bunga salak dan vanili berkelamin tunggal sehingga ada bunga jantan dan betina. Jadi untuk mempernudah penyerbukannya , bunga jantan yang penuh serbuk dipetik , kemudian ditempelkan pada bunga betina yang sudah masak .

Bunga aster sendiri selalu mungkin digunakan pada rangkaian bunga bucket , oleh karena itu , bunga inbi menjadi bunga yang sangat menarik dan bagus , bunga aster sendiri oleh masyarakat jepang sering dikonsumsi untuk dijadikan teh karena aromanya yang khas dan menggoda.

Baca Juga :

Sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat dan semoga bisa menambah wawasan sedikit demi sedikit , mari bertukar pikiran dengan meninggalkan komentar dibawah , jangan lupa share agar semakin banyak orang yang tau , TerimaKasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *