You are here: Home » Tips dan Trik » Perlengkapan Wajib Pembisnis Online

Perlengkapan Wajib Pembisnis Online

Dewasa ini menjamur pebisnis yang menawarkan produk atau dagangannya secara online. Selain menghemat tempat, yang artinya ga wajib ada toko atau tempat display semua bisa berjalan. Cukup foto, cekrek-cekrek trus di upload ke web tertentu atau lebih enak kalau pakai sosmed pribadi yang bisa dimanfaatkan sebagai lapak.

Sekalipun terlihat mudah, tak ada yang benar-benar mudah tanpa perlengkapan yang memadai. Disini yang mau dibahas adalah perlengkapan yang wajib. Ga boleh ga ada, meski laksana berjuang. Ga punya laras panjang bisa juga pakai bambu runcing, hehe. Ada 7 hal yang selalu saya sarankan untuk para pemula pebisnis online.

  1. Ga usah dibahas karena masuknya wajib. Tapi perlu juga dipertimbangkan produk yang benar-benar dibutuhkan oleh orang, syukur-syukur tak tergantikan. Semacam obat herbal. Yang selalu di beli berulang. Atau susu, orang yang masih punya balita pastinya reguler beli namanya susu.
  2. JARINGAN INTERNET. Di saat serba cepat semua menggunakan jaringan internet. Mau itu 3G atau 4G asalkan nyambung, hajar aja. Ga pakai kuota kalau di kampus atau kantor atau mall ada wifi aja kita hidup kok. Ini bukan Cuma berguna buat upload gambar yang memenuhi web namun juga untuk mengecek transaksi, ongkos kirim atau menjawab beberapa pertanyaan dari customer. Inget ya, belum beli aja udah dipanggil customer. Kalau mereka ga hari ini belinya besok mungkin beli. Jadi tetap aktif menjawab pertanyaan selama relevan dengan produk yang kita tawarkan.
  3. ALAT KERJA. Saya menyebutnya alat kerja sebenarnya semacam laptop yang paling gampang. Hal ini disebabkan memory yang dimilikinya mumpuni untuk berbagai hal. Tapi ga pakai laptop di ganti notebook juga bagus. Ga adapun pakai smartphone juga bolehlah. Banyak kok pebisnis yang memulainya dari menggunakan blackberry (canggih dijamannya).
  4. FASILITAS MESSENGER. Begitu banyak penawaran aplikasi saat ini. Dari mulai Line, whatsapp, blackberry messenger bisa dipergunakan. Pilih yang paling mudah buat customer. Kalau memang rajin bisa memiliki semuanya. Toh semuanya ada pilihan free. Ga perlu modal buat punya messenger tersebut.
  5. Meski ada banyak istilah jangan lihat sesuatu dari luarnya, namun kalau belanja online yang tidak melihat fisik maka yang jadi andalan adalah gambar yang menarik. Biasanya kamera LSDR jadi pilihan ampuh. Tapi ada juga yang rajin mengotak atik gambar bukan dengan aplikasi dari hasil foto menggunakan smartphone. Cukup gunakan 13 MP hasil sudah cukup baik. Ditambah pengambilan gambar dari sisi pencahayaan yang pas bisa jadi sesuai dengan ekspektasi. Karena jangan juga terlalu mengedit gambar diluar kebutuhan. Niscaya kamu yang kecewa. Warna biru navy bisa jadi coklat. Bingungkan nantinya ngasih hastagnya ^_^
  6. Ini bisa seiring berjalannya progress penjualan kita. Misalkan, tadinya cukup menggunakan media facebook. Sejalan perkembangan kamu bisa bikin web untuk memudahkan customer kamu memilih produk yang mereka inginkan. Keuntungan lainnya pada web aplikasi stok juga tersedia, sehingga memudahkan kamu tanpa perlu menjawab satu persatu. Bedakan kalau facebook semua harus kamu yabg turun tangan menjawab ketersediaan barang atau stok. Kalau cutomernya ga sampai 10 orang mungkin oke. Tapi kalau sudah banyak akan menyita waktu kamu. Jadi lebih baik kembangkan media yang di gunakan.
  7. Banyak caranya. Mau nitip endorse. Atau buat iklan di blog orang yang traffic kunjungannya cukup banyak. Atau cara lainnya menaikkan follower ya bikin deh hadiah kecil dengan syarat dan ketentuan. Minimal, web atau facebook atau instagram kamu ada yang komentarin. Biasanya seneng kalau banyak yang nge-like. Cara mutahirnya juga bisa menampilkan testimoni dari customer yang sudah lebih dulu membeli. Ini cara agar orang bisa percaya sama produk yang kita tawarkan.

Kalau perlengkapan kamu apa saja sebagai pebisnis online?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *