You are here: Home » Kesehatan » Penyebab penyakit bintitan

Penyebab penyakit bintitan

Penyebab penyakit bintitan – Bintitan merupakan kondisi infeksi pada mata yang ditandai dengan munculnya benjolan sejenis jerawat atau bisul yang terjadi di kelopak mata, bintitan bisa terjadi di kelopak atas maupun kelopak mata bawah, terdapat dua jenis bintitan yang umum terjadi yaitu bintitan pada bagian dalam kelopak dan pada bagian luar kelopak.

Biasanya bintitan hanya terjadi pada sebelah mata dan tidak akan mengganggu kemampuan penglihatan seseorang.

Bintitan yang tumbuh di bagian dalam kelopak mata biasanya lebih sakit dibandingkan dengan bintitan yang muncul di luar kelopak mata.

Gejala umum pada bintitan mudah dikenali yaitu tumbuhnya benjolan merah yang mirip bisul pada kelopak mata, disertai kondisi tertentu seperti mata merah atau berair, kelopak mata bengkak dan terasa sakit, serta sering muncul kotoran di sekeliling kolopak mata.

Bintitan merupakan penyakit yang tidak perlu penanganan medis khusus karena dapat diombati sendiri, tetapi guna menghindari resiko komplikasi maka sebaiknya anda memeriksakan kondisi anda kepada dokter, terutama bila pembengkakan semakin parah dan menjalar ke pipi dan bagian wajah lain.

Penyebab umum bintitan adalah infeksi bakteri atau kotoran lain yang masuk ke dalam mata terutama saat menyentuh mata dengan tangan kotor, biasanya infeksi terjadi pada bagian akar bulu mata, kelenjar minyak yang tersumbat, atau kelenjar keringat yang tersumbat. Ada kemungkinan juga bintitan merupakan komplikasi dari penyakit lain seperti blefaritis.

Setelah mengetahui penyebab bintitan tentu langkah pencegahan dapat diambil, beberapa langkah pencegahan adalah sebagai berikut:

  • Hindari menggosok mata dengan tangan, apabila perlu menyentuh bagian mata pastikan anda membersikan tangan terlebih dahulu guna mencegah resiko berpindahnya bakteri atau kotoran dari tangan ke mata
  • Menggunakan pelindung mata guna menghindari debu atau kotoran lain saat membersihkan rumah
  • Pastikan anda selalu membersihkan lensa kontak yang digunakan dan sterilkan lensa kontak sebelum digunakan, saat memasang lensa kontak pastikan anda membersihkan tangan terlebih dahulu dengan mencucinya menggunakan sabun
  • Perhatikan kosmetik yang digunakan buanglah kosmetik yang sudah kadarluwarsa, selalu bersihkan dandanan sebelum tidur dan pastikan menghindari penggunaan kosmetik yang diduga menyebabkan anda bintitan (terutama produk yang anda gunakan saat bintitan atau sebelum bintitan)
  • Segera tangani inflamasi dan iritasi pada mata terutama menggunakan tetes mata steril sebelum meradang

Penyakit bintitan biasanya akan sembuh dengan sendirinya antara satu hingga tiga minggu. Fase penyembuhan ditandai dengan pecahnya bisul tersebut hingga mengeluarkan nanah, akan tetapi jangan memencet atau memecahkan bintitan anda sebaiknya tunggu hingga pecah sendiri.

Terdapat langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mempercepat kesembuhan diantaranya:

  • Hindari penggunaan risasan wajah saat bintitan
  • Kompres air hangat setiap 4 jam sekali guna melancarkan penyumpatan pada kelenjar keringat dan kelenjar minyak (kadang terjadi di kelenjar air mata)
  • Hindari penggunaan lensa kontak karena dapat menyebabkan gesekan

Apabila bintitan tak kunjung sembuh atau sering kambuh maka sebaiknya kondisi tersebut dikonsultasikan dengan dokter.

Baca Juga : Penyebab Seseorang bisa Terjangkit penyakit Bisul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *