You are here: Home » Biologi » Jenis dan Cara Pengendalian dan Penyakit Tanaman Jambu Air

Jenis dan Cara Pengendalian dan Penyakit Tanaman Jambu Air

Jenis dan Cara Pengendalian dan Penyakit Tanaman Jambu Air – Ada banyak hama yang dapat mengganggu dan menyerang tanaman jambu air, mulai dari ulat kupu-kupu gajah, kutu perisai hijau, benalu, dan masih banyak lagi.

Jenis dan Cara Pengendalian dan Penyakit Tanaman Jambu Air

Jenis dan Cara Pengendalian dan Penyakit Tanaman Jambu Air

Jika tanaman diganngu oleh hama, tentu dapat menggunakan pestisida dengan mengikuti petunjuk yang telah disediakan untuk memusnahkan hama dari tanaman seperti ulat, dan kutu yang dapat memakan tanaman. Selain pestisida, hama juga dapat dikendalikan dengan berbagai macam cara.

Misanya codot, jika tanaman terserang codot, maka dapat dikendalikan dengan cara memberikan selambu disekitar tanaman atau membungkus bakal buah satu persatu.

Atau misalnya jika tanaman terserang benalu, dapat dikendalikan dengan cara sanitasi lahan kemudian membuang benalu dan membersihkannya dari tanaman

Namun disamping itu, bagaimana jika tanaman jambu air terserang penyakit? Karena ada pula penyakit yang biasanya menyerang tanaman jambu air dan berikut jenis dan cara pengendaliannya penyakit dan hama jambu air :

  1. Antraknosa

Penyakit jenis ini disebabkan karena adanya jamur cendawan Collectotrichum gloeosporioides Penz. Gejala yang dpat terlihat adalah timbulnya seperti bercak-bercak cokla kehitaman pada daun daun yang sudah tua. Akibat dari jamur ini, buah-buah menjadi busuk dan berjatuhan, dan juga tunas muda menjadi kering dan mati.

Cara pengendaliannya yaitu dengan cara memotong dan memusnahkan bagian tanaman yang terserang oleh penyalit ini. Bisa juga dengan memberikan penyemprotan fungisida sesuai dengan petunjuk yang ada.

  1. Penyakit Fisiologis

Penyakit ini disebabkan karena perawatan yang kurang terkondisi. Oleh karena itu dapat merusak akar dan munculnya cendawan yang dapat merugikan tanaman jambu air. Akibat dari penyakit ini adalah akar dapat membusuk, kerontokan pada buah dan hal yang paling fatal adalah, tanaman ini dapat mati.

Cara pengendaliannya yaitu dengan cara memberikan perawatan sesuai dengan petunjuk cara merawat tanaman jambu air terutama dalam pemberian pupuk dan juga memberikan penyiraman yang rutin.

  1. Embun Jelaga

Embun Jelaga merupakan penyakit yang disebabkan oleh kapang Capnodium sp. Gejala yang dapat timbul dari penyakit ini adalah permukaan bagian daun yang tertutup oleh lapisan yang berwarna hitam.

Cara pengendalian dari tanaman ini yaitu dengan cara menyemprotkan insektisida untuk membunuh kutu daun, serta memotong bagian tanaman yang terserang untuk mencegah penyebaran penyakit.

Baca Juga : Proses Karbohidrat Dipecah Menjadi Energi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *