You are here: Home » Kesehatan » Penyakit Mematikan yang Disebabkan Oleh Global Warming

Penyakit Mematikan yang Disebabkan Oleh Global Warming

Penyakit Mematikan yang Disebabkan Oleh Global Warming – Saat ini dunia memang tengah dihadapkan suatu permasalahan lingkungan yang sudah tidak bisa ditepis lagi, yaitu global warming.

Global warming atau pemanasan global terjadi ketika suhu yang ada di bumi menjadi meningkat sehingga es-es di kutub menjadi mencair dan menyebabkan berbagai dampak mematikan seperti bencana alam hingga penyakit.

Berikut ini beberapa penyakit mematikan yang disebabkan oleh global warming.

  1. Virus Zika

Beberapa waktu terakhir virus zika memang telah mengambil perhatian dunia internasional karena penyakit yang ditimbulkan virus ini sangat mematikan hingga masuk ke dalam daftar hitam.

Virus zika merupakan virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti, yang merupakan nyamuk pembawa virus DBD juga.

Jika seseorang terkena virus ini, pertama-tama ia akan mengalami demam ringan dan diiringi oleh keadaan tubuh yang kian melemah. Penyakit ini sangatlah berbahaya bagi wanita hamil karena bayi yang akan dilahirkannya akan mengalami keadaan Microcephalus atau ukuran kepala bayi secara signifikan lebih kecil dibanding bayi lainnya.

Pada dasarnya virus ini tidak mudah menyebar, namun karena global warming kawasan-kawasan beriklim dingin menjadi lingkungan yang hangat sehingga mudah bagi nyamuk ini untuk berkembang biak.

  1. Penyakit Kolera

Penyakit kolera adalah penyakit yang membuat seseorang mengalami diare parah sehingga tubuh akan cepat kehilangan cairan dan mudah lelah. Dan jika tidak ditangani, penyakit ini akan sangat mematikan.

Penyakit ini biasanya muncul di negara-negara Afrika yang memiliki udara panas dan sanitasi yang buruk. Pada dasarnya penyakit ini tidak mudah menyebar, terutama di daerah dingin.

Namun karena adanya global warming, suhu dunia menjadi panas sehingga kawasan-kawasan yang awalnya dingin menjadi lebih hangat dan penyakit kolera dengan mudah menyebar.

  1. Penyakit Anthrax

Penyakit selanjutnya adalah Anthrax, penyakit mematikan yang berasal dari kutub. Penyakit ini umumnya menyerang mamalia, termasuk manusia. Pada awalnya penyakit ini sudah jarang ditemukan, namun setelah muncul global warming penyakit ini mulai menyebar lagi.

  1. Penyakit Kutu tick

Kutu tick dapat dikatakan sebagai binatang yang cukup berbahaya karena membawa virus yang mematikan. Jika seseorang terkena kutu ini, akan mengalami gatal yang parah, selain itu juga kutu ini bisa membawa wabah lyme dan menyerang sistem pernapasan.

Perkembangbiakan kutu ini sangat dipengaruhi oleh suhu. Jika suhu semakin panas, perkembangbiakannya akan semakin cepat sehingga global warming adalah salah satu pemicu menyebarnya kutu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *