You are here: Home » Biologi » Penjelasan Lengkap Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Buah Naga

Penjelasan Lengkap Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Buah Naga

Buah naga merupakan buah yang berasal dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Nama buah naga sendiri berasal dari penampilan batangnya yang menjulur panjang mirip naga serta buahnya yang bersisik seperti kepala naga. Tanaman buah naga akan tumbuh optimal pada suhu 38 hingga 40 derajat celsius.

Buah naga berasal dari negara Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, sebelum akhirnya buah ini menyebar dan banyak dibudidayakan di negara-negara Asia Tenggara seperti Fillipina, Malaysia, Vietnam, Indonesia, dll.

Klasifikasi Tanaman Buah Naga

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Super Ordo : Caryophyllanae
  • Ordo : Caryophyllales
  • Family : Cactaceae Juss.
  • Genus : Hylocereus (A. Berger) Britton & Rose
  • Spesies : Hylocereus undatus (Haw.) Britton & Rose

Baca Juga : Morfologi Tanaman Kecubung

Morfologi Tanaman Buah Naga

  1. Morfologi Akar

Akar pada tanaman buah naga merupakan akar epifit, yaitu akar yang merambat dan menempel pada batang tanaman lain. Jika kita mencabut tanaman buah naga ini dari tanah, tanaman ini masih bisa terus hidup dikarenakan akarnya menyerap air dan mineral lewat akar udara yang ada pada batangnya.

Perakaran pada tanaman buah naga tidak terlalu panjang dan akarnya membentuk akar cabang kembali. Dari akar cabang ini, akan tumbuh lagi akar rambut yang ukurannya sangat kecil, banyak dan lembut.

  1. Morfologi Batang

Batang tanaman buah naga memiliki kandungan air dalam bentuk lendir dan apabila tanamannya sudah dewasa, tanaman ini akan berlapis lilin. Batangnya memiliki warna hijau kebiruan atau ungu. Bentuk batang tanaman buah naga adalah siku atau segituga serta berukuran panjang.

Batang dan cabang tanaman buah naga ini juga memiliki fungsi sebagai daun pada saat proses asimilasi. Itulah yang menyebabkan batang beserta cabangnya berwarna hijau. Tanaman buah naga sering juga disebut sebagai kaktus tidak berduri.

  1. Morfologi Bunga

Tanaman buah naga memiliki buah yang berbentuk menyerupai corong memanjang  yang panjangnya sekitar 30 cm. Bunga ini akan mulai mekar pada saat sore hari lalu akan mekar dengan sempurna pada saat malam hari.

Apabila telah mengalami proses pemekaran, warna mahkota bungan pada bagian dalam akan berwarna putih bersih dan di dalamnya terdapat benang sari yang berwarna kuning yang memiliki aroma yang wangi. Aroma wangi inilah yang akan menarik perhatian hewan-hewan yang akan membantu proses penyerbukan bunga.

  1. Morfologi Buah

Buah naga berbentuk lonjong yang menyerupai buah nanas, namun buah ini memiliki sirip. Kulitnya memiliki warna merah jambu dan terdapat sisik yang berwarna hijau seperti halnya sirip naga.

Daging buah naga seperti buah kiwi. Daginya juga memiliki beragam warna mulai dari warna putih, merah hingga merah tua, berair dan bertaburan biji-biji kecil berwarna hitam. Rasa buahnya manis dan agak sedikit asam. Ketebalan kulit buah naga mencapai 2 hingga 3 cm dan pada permukaan kulitnya terdapat jambul yang berukuran 1 hingga 2 cm.

  1. Morfologi Biji

Biji buah naga berukuran kecil dan berwarna hitam. Kulit pada bijinya sangat tipis tetapi keras. Biji buah naga ini dapat digunakan untuk memperbanyak tanaman buah naga secara generatif. Namun, cara seperti ini jarang dilakukan karena membutuhkan waktu yang lama sampai tanaman berproduksi.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Adem Ati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *