You are here: Home » Pertanian » Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Rumput Gajah

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Rumput Gajah

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Rumput Gajah – Rumput gajah adalah sejenis rumput yang banyak tumbuh dengan subur di tanah – tanah yang lapang bahkan tanpa ditanam dengan mengkhususpun rumput ini mampu tumbuh dengan baik. Sebagaimana halnya jenis rumput yang lainnya, banyak yang beranggapan bahwa keberadaan rumput ini hanya sebagai pengganggu saja. Namun belakangan ini kondi mulai berubah sejak beberapa artikel membahas tentang manfaat tersembunyi dibalik rumput gajah liar yang perlahan – lahan diketahui ternyata bermanfaat untuk dibudidayakan sebagai pakan ternak yang bagus.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Rumput Gajah

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Rumput Gajah

Ciri – ciri dari rumput gajah adalah memiliki ukuran yang besar dan berdaun panjang yang mana rumput ini / pennisetum purpureum schaum pertama kali berasal dari Afrika lalu diperkenalkan ke Indonesia pada tahun 1962 dan ternyata mampu tumbuh secara alami di seluruh dataran Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri rumput gajah merupakan salah satu tanaman hijauan utama pakan ternak yang memegang peranan sangat penting di dalamnya karena hijauan ini mengandung hampir semua zat yang diperlukan oleh hewan.

Dewasa ini selain sebagai pakan ternak, rumput gajah banyak dimanfaatkan di bidang kesehatan karena kandungan di dalam rumput gajah diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Zat kalium senyawa yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan jantung, otot tubuh manusia dan sistem pencernaan.
  • Kalsium di dalam tubuh bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Serat yang bagus bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.
  • Beta karotin baik untuk melawan radikal bebas karena banyak mengandung antioksidan di dalamnya.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kunyit

Klasifikasi Rumput Gajah

Dibawah ini merupakan penjelasan klasifikasi rumput gajah dibawah ini :

  • Kingdom : Plantae / tumbuhan
  • Sub kingdom : Tracheobionta / tanaman berpembuluh
  • Super divisi : Spermatophyta / menghasilkan biji
  • Divisi : Magnoliophyta / tanaman berbunga
  • Kelas : Liliopsida / monokotil
  • Sub kelas : Commelinidae
  • Ordo : Cyperales
  • Genus : Pennisetum Rich
  • Spesies : Pennisetum purpureum

Morfologi Rumput Gajah

1/Akar

Rumput gajah mempunyai akar yang mampu tumbuh pada buku – buku dari batang yang merayap dalam jumlah besar di dalam tanah yang mana keberadaan akar pada tanah akan mempercepat penutupan tanah. Rumput gajah memiliki akar serabut yang mana bisa mengikat partikel – partikel tanah lalu membentuk jalinan serta mengangkat zat – zat hara yang telah tercuci oleh air hujan menuju ke lapisan permukaan.

Sifat ini sangat menguntungkan karena bisa membantu menyuburkan tanah terbukti di Urganda setelah dilakukan penanaman rumput gajah selama tiga tahun kemudian ditanami tanaman pertanian maka menunjukkan peningkatan hasil yang nyata.

2/Batang

Rumput gajah memiliki batang bulat berkayu dan berbuku – buku dimana dari buku tersebut akan keluar tunas baru yang untuk selanjutnya akan menjadi batang – batang baru. Diameter batang dapat mencapai lebih dari 3 cm dan terdiri sampai 20 ruas / buku. Menurut pakar menjelaskan bahwa batang – batang rumput gajah ditutupi oleh perisai daun yang agak berbulu.

3/Daun

Seperti diketahui bahwa rumput gajah tumbuh tegak mirip dengan tanaman tebu dan mampu tumbuh dengan mencapai ketinggian antara 2 s/d 5 m yang mudah berkembang biak, berdaun lebar, tipis dan memiliki tulang daun.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman rumput gajah, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kelapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *