You are here: Home » Biologi » Penjelasan Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Melati

Penjelasan Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Melati

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Melati – Apa itu tanaman Melati?

Walaupun tidak mengerti secara detail, saya yakin sebagian orang sudah pernah mendengar nama tanaman hias yang satu ini. Tetapi kalau hanya mengerti namanya saja tidak berarti dong, yuk mendingan kita pelajari lebih dalam tentang tanaman Melati. Silahkan simak ulasan berikut!

Penjelasan Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Melati

Penjelasan Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Melati

Tanaman Melati merupakan salah satu tanaman hias yang tergolong populer di kalangan masyarakat. Tanaman ini berasal dari Italia, Eropa, pada tahun 1692, yang kemudian menyebar luas ke berbagai negara lainnya. Tanaman ini kemudian dibudidayakan di Inggris pada tahun 1923. Tanaman ini populer karena keindahannya serta keharumannya. Tanaman ini juga sering dimanfaatkan dalam industri parfum, kosmetik, dan farmasi. Tanaman ini bahkan juga dimanfaatkan untuk membuat aroma harum pada teh, sehingga menjadi teh yang kita kenal yaitu teh melati atau teh jasmine.

Tanaman ini lebih cocok dibudidayakan di daerah yang cukup mendapatkan sinar matahari dan dataran dengan ketinggian sekitar 10 – 1600 meter di atas permukaan laut. Di Indonesia, tanaman ini menjadi sangat spesial hingga dijadikan puspa bangsa atau simbol nasional.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Tempuyung

Berikut ini adalah klasifikasi melati dan morfologi tanaman Melati:

  • KINGDOM                          : Plantae (Tumbuhan)
  • SUB KINGDOM                  : Tracheobionta (Tumbuhan Berpembuluh)
  • SUPER DIVISI                      : Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)
  • DIVISI                                    : Magnoliophyta (Tumbuhan Berbunga)
  • KELAS                                    : Magnoliopsida (Tumbuhan Dikotil)
  • SUB KELAS                           : Asteridae
  • ORDO                                    : Scrophulariales
  • FAMILI                                  : Oleaceae
  • GENUS                                 : Jasminum L.
  • SPECIES                                : Jasminum sambac (L.) Aiton

(Referensi: plants.usda.gov – Plants Database)

Tanaman Melati tergolong tanaman perdu dan perennial (tumbuh lebih dari setahun). Tanaman ini memiliki ketinggian dari 0,3 meter hingga 2 meter dan bersifat merambat. Sistem perakaran yang dimiliki adalah berupa akar tunggang serta bercabang. Cabang dari akar dapat menyebar ke segala arah dengan kedalaman dari 40 – 80 cm dari akar yang berada di permukaan tanah. Tunas dapat sesekali muncul pada akar tersebut sehingga mempermudah proses perkembangan.

Batang Melati berkayu berbentuk bulat atau segi empat, berbuku-buku serta memiliki banyak percabangan sehingga terlihat seperti merumpun. Batang Melati ini berwarna coklat pekat tergantung dari varietasnya. Jika melihat batangnya, tanaman Melati dapat digolongkan sebagai tanaman perdu dengan ketinggian kurang dari 5 meter. Pada batang tanaman tersebut terdapat bulu-bulu halus di sekitarnya.

Untuk daunnya, tanaman Melati memiliki tangkai yang pendek dengan helaian daun berbentuk bulat oval. Panjang daun dari tanaman ini kisaran 2,5 cm – 10 cm dengan lebar kisaran 1,5 cm – 6 cm. Ujung daun berbentuk runcing dengan pangkal yang tumpul membulat. Bagian tepi daun merata namun sedikit bergelombang. Daun tanaman ini memiliki pertulangan daun tipe menyirip dan menonjol di permukaan bagian bawah. Sedangkan permukaan atasnya terlihat mengkilap berwarna hijau. Letak daun saling berhadapan pada setiap buku.

Bunga dari tanaman Melati memiliki ciri khas bentuk seperti terompet dengan warna yang beragam tergantung dari varietasnya. Pada umumnya, bunga Melati tumbuh dari ujung tanaman. Bunga ini tergolong bunga majemuk yang memiliki ibu tangkai bunga. Bunga Melati memiliki banyak mahkota sebanyak tujuh yang berlapis-lapis berbentuk datar, namun pada bunga ini tidak dapat ditemukan kelopak bunga. Bunga Melati berwarna putih dan mengeluarkan aroma wangi, aroma ini sering dimanfaatkan untuk terapi kesehatan.

Bunga ini memiliki banyak khasiat positif untuk kesehatan, tidak hanya sebagai tanaman hias. Banyak orang-orang memanfaatkan bunga Melati sebagai pengobatan sesak napas, demam, sakit kepala, serta sakit mata. Dengan pengolahan khusus, bunga Melati dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan radang usus dan radang ginjal.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Rumput Gajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *