You are here: Home » Biologi » Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Adem Ati

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Adem Ati

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Adem Ati – Yang dimaksudkan dengan tanaman adem ati adalah tanaman yang mampu tumbuh dengan subur pada hutan – hutan sekunder dengan ketinggian tingkat rendah dan menengah di kawasan Asia Tenggara. Tanaman ini mulai menyebar ke India, Tiongkok Selatan hingga Australia Utara melalui Malaysia dan Indonesia.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Adem Ati

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Adem Ati

Baca Juga : Morfologi Cempaka

Klasifikasi Singkat Dari Tanaman Adem Ati

  • Sinonim : Litsea Chinensis Lamk Litsea Littoralis (L) Vill
  • Familia : Lauraceae
  • Nama Lokal : Madang Kapas / Sunda, Kapu Ketek, Nyampu Wingka, atau Wuru Beling (Jawa)

Morfologi Dan Deskripsi Tanaman Adem Ati

Adem ati adalah sejenis pohon yang tingginya dapat mencapai kisaran 10 meter dengan batang besar berkayu dan bercabang – cabang serta memiliki daun rindang dan rimbun yang bersifat daun tunggal berbentuk elips dan berwarna hijau serta memiliki bulu – bulu halus. Perbungaan pohon ini berbentuk malai dengan mahkota bunga berwarna putih kekuningan dan memiliki buah bulat yang mana buah muda berwarna hijau dan setelah tua berwarna hitam. Akar tanaman ini bersifat akar tunggang berwarna coklat muda.

Kandungan Dan Manfaat Tanaman Adem Ati

Kandungan dalam tanaman adem ati kaya akan zat – zat yang bermanfaat untuk kebugaran dan kesehatan tubuh antara lain fenantrena, aporfina, flavonoida, tanin, polifenol, dan minyak atsiri. Bagian dari tanaman adem ati yang dapat dimanfaatkan adalah akar, kulit kayu, daun dan biji.

  • Bagian akar berkhasiat untuk menyembuhkan mencret, radang usus, kencing manis, dan radang kulit bernanah.
  • Bagian kulit kayu dan daun adalah untuk mengobati bisul, luka berdarah, radang kulit bernanah, radang payudara serta bisa bermanfaat untuk obat penenang dan penawar rasa sakit.
  • Khasiat bagian biji adalah sebagai obat luar untuk mencegah dan mengobati bisul dan luka memar.

Bagaimana Cara Mengolah Adem Ati Untuk Obat ? 

Nah untuk mengobati dan mencegah kencing manis maka yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan 5 gram akar adem ati, 4 lembar daun salam yang masih segar dan 140 ml air direbus hingga mendidih lalu didinginkan dan disaring untuk selanjutnya diminum 2 kali sehari pagi dan sore masing – masing 100 ml.

Untuk mengatasi mencret dan radang usus maka siapkan 6 gram akar adem ati, 6 gram rimpang kunyit segar dan 110 ml air putih yang mana semua bahan dicuci bersih terlebih dahulu barulah direbus dan diambil airnya saja lalu diminum 1 kali sehari 100 ml diulang selama 3 hari jika masih dalam kondisi mencret dan untuk radang usus diulang selama 14 hari dengan cara yang sama.

Untuk mencegah dan pengobatan radang kulit bernanah semakin parah serta mengobati radang payudara dan luka atau bisul maka siapkan kulit kayu atau daun segar adem ati secukupnya saja, daun sambilata secukupnya dan air bersih secukupnya, ditumbuk hingga membentuk pasta halus barulah ratakan pasta bersangkutan pada bagian kulit yang sakit, sebelum dibaluri dengan pasta bersangkutan sebaiknya dibersihkan dengan air hangat – hangat kuku dang anti setiap 3 jam sekali agar penyakit segera sembuh.

Untuk fungsi sebagai obat penenang maka siapkan adem ati segar sekitar 15 gram lalu dicuci hingga bersih untuk selanjutnya dilumatkan hingga halus membentuk pasta yang mana selanjutnya ramuan ini bisa diaplikasikan pada dahi untuk memperoleh efek relaksasi.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman adem ati, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jahe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *