You are here: Home » Bahasa Indonesia » Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi – Ketika Anda membara koran atau membaca surat kabar  secara online di Smartphone pasti kita sering menemukan teks yang berisi kejadian viral yang berhubungan dengan realitas yang sedang terjadi. Sebut saja kejadian menggemparkan seperti bencana alam di suatu daerah, kasus kriminal berat serta beberapa informasi seputar unjuk rasa yang berakhir anarkis.

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

Tentu, informasi-informasi diatas akan diiringi oleh narasi tentang asal mula penyebabnya. Tujuannya adalah supaya pembaca memiliki pemahaman utuh tentang sebab akibat dari sebuah masalah yang terjadi. Entah itu masalah sosial, politik, agama dan lain sebagainya.

Untuk lebih jauh mengenal tentang narasi-narasi diatas, kita harus meneliti lebih jauh tentang Teks Eksplanasi. Baik dari segi pengertiannya, hubungannya dengan informasi viral serta tujuan dari teks tersebut dibuat.

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang sebab musabab terjadinya masalah. Di dalam teks ini hukum kausalitas dijelaskan secara detil dari dua sisi. Yaitu dari sisi sebelum masalah terjadi dan dari sisi pasca masalah terjadi.

Struktur Teks Eksplanasi

Untuk bisa membuat Teks Eksplanasi dibutuhkan kemampuan-kemampuan naratif tertentu. Sehingga ada perbedaan antara teks Eksplanasi dengan teks bentuk lain. Ini dia beberapa struktur teks nya yaitu:

  1. Menggunakan Pernyataan Umum

Di dalam Teks Eksplanasi penjelasan harus luas. Artinya terjadinya masalah tidak harus diurai secara detil tetapi diberikan gambaran singkatnya saja.

  1. Deretan Penjelas

Sedangkan deretan penjelas merupakan narasi penjelasan tentang alasan mengapa masalah itu bisa terjadi. Untuk narasi ini boleh dijelaskan secara detil dan rinci.

  1. Interpretasi Atau Penafsiran

Struktur yang terakhir adalah menginterpretasikan segala teks yang sudah dibuat tadi. Isinya bisa berupa kesimpulan atau harapan akan berakhirnya masalah dengan aman dan damai.

Yang paling penting diketahui dari Teks Eksplanasi adalah berita yang disampaikan harus nyata (fakta). Selain itu, narasi penyebab yang diungkap juga bisa dipertanggungjawabkan. Bisa dari ahli yang diwawancarai atau dari pelaku langsung masalah tersebut.

Itulah pengertian Teks Eksplanasi yang bisa Anda pelajari. Silakan berlatih membuatnya siapa tahu Anda bisa menjadi jurnalis investigasi profesional.

Baca Juga : Pengertian dan Jenis Kalimat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *