You are here: Home » Pendidikan » Pengertian Sertifikasi Guru

Pengertian Sertifikasi Guru

Pengertian Sertifikasi Guru – Pengertian Sertifikasi Guru adalah merupakan sebuah rangkaian proses pemberian surat sertifikat pendidik yang ditujukan untuk para guru atau dosen sebagai salah satu bukti formal terhadap suatu pengakuan resmi yang diberikan kepada para guru dan dosen merupakan tenaga – tenaga profesional.

Pengertian Sertifikasi Guru

Pengertian Sertifikasi Guru

Sertifikasi Guru pada dasarnya diberlakukan untuk mengacu kepada suatu rangkaian proses terhadap pemberlakukan pemberian untuk pengakuan terhadap sebuah profesi tertentu sebagai salah satu bukti nyata tentang kelayakan yang bersangkutan di dalam melakukan praktik – praktik terkait tertentu sebagai pengakuan terhadap profesi yang ditekuni. Bagi kelompok pendidik, maka sertifikasi guru merupakan sebuah pengakuan ditujukan kepada profesi pendidik yang sekaligus memberikan ijin untuk melakukan praktik – praktik mendidik.

Para pendidik khususnya kelompok guru merupakan tenaga – tenaga handal dan profesional yang dipilih dan tersedia seperti tertuang dan diamanatkan di dalam pasal 30 ayat 2, undang – undang RI nomer 20 tahun 2003 tentang : Pengadaan Sistem Pendidikan Nasional. Dalam pasal 2 (1) undang – undang nomer 14 tahun 2005 tentang para Guru dan Dosen, juga terhadap pasal 28 (1) peraturan perundang – undangan nomer 19 tahun 2005 tentang : Pengadaan Standar Nasional Pendidikan. Nah mengacu kepada landasan ‘Yuridis’ disertai kebijakan – kebijakan tersebut di atas maka bisa digunakan untuk menunjukkan tentang adanya keseriusan dan tanggung jawab yang utama terhadap pihak – pihak Pemerintah di dalam usaha untuk meningkatkan profesionalisme yang berhubungan dengan penghargaan – penghargaan akan diberikan kepada para guru dan nantinya akan bermuara terhadap peningkatan kualitas dari Pendidikan Nasional.

Selanjutnya tentang arah dari kebijakan – kebijakan yang akan tertuang dalam kebijaksanaan seperti tersebut di atas, adalah pasal nomer 42 undang – undang RI nomer 20 tahun 2003 menjelaskan tentang beberapa persyaratan untuk menjadi pendidik haruslah mempunyai kualifikasi minimum dalam standar tertentu dan sertifikasi guru disesuaikan dengan kewenangan mereka dalam proses belajar – mengajar, sehat dalam jasmani dan rohani serta menyimpan kemampuan di dalam mewujudkan tujuan – tujuan diberlakukannya Pendidikan Nasional. Tentu saja hal ini telah ditegaskan berulang – ulang kali bahkan tertuang di dalam pasal 28 (1) peraturan perundang – undangan RI nomer 19 tahun 2005 tentang Pengadaan Standar Nasional Pendidikan dan diikuti pasal 8 undang – undang RI nomer 14 tahun 2005 yang memberikan amanat bahwa para guru diwajibkan mempunyai kualifikasi akademik yaitu minimal berpendidikan sampai D4 atau S1 dan berkompetensi sebagai salah satu agen pembelajaran yang di dalamnya meliputi ‘kompetensi’ kepribadian, profesional, sosial, dan ‘pedagogis’.

Guru adalah kunci guna meningkatkan mutu dari pendidikan dimana pada suatu masa mereka akan berada pada titik – titik sentral terhadap masing – masing usaha untuk pengadaan ‘reformasi’ pendidikan yang tujuannya untuk mengarahkan kepada perubahan – perubahan yang bersifat kualitatif. Masing – masing usaha di dalam meningkatkan mutu pendidikan contohnya pengembangan dalam metode mengajar, pembaharuan kurikulum, penyediaan sarana dan prasarana akan berlangsung menjadi sukses karena melibatkan para guru di dalamnya. Ini artinya bahwa titik – titik total terhadap pembangunan pendidikan sangat bergantung terhadap bagaimana cara membangun mutu para guru untuk mempersiapkan mereka menuju ke arah yang lebih profesional.

 Sertifikasi guru mengandung makna sebagai sebuah proses untuk memberikan pengakuan bahwa seseorang sudah resmi mempunyai kompetensi guna melakukan tindakan pelayanan pendidikan terhadap keutuhan daripada satuan pendidikan yang dimaksud dimana setelah lulus dari uji kompetensi yang rutin diselenggarakan oleh lembaga – lembaga sertifikasi guru maka layanan pendidikan pada satuan lembaga pendidikan tertentu sudah bisa menyediakan praktik – praktik belajar – mengajar.

Sedangkan menurut pendapat dan penjelasan dari Martinis Yamin, yang dimaksud dengan sertifikasi guru adalah pemberian sertifikasi kepada kelompok pendidik untuk diberikan kepada guru dan atau dosen sebagai salah satu bukti formal terhadap pengakuan yang diberikan kepada para guru dan dosen dimana nantinya diharapkan di masa depan mampu menjadi tenaga – tenaga profesional.

Nah dari uraian tersebut di atas bisa diambil sebuah kesimpulan tentang pengertian dari sertifikasi guru adalah merupakan sebuah bukti terhadap pengakuan sebagai salah satu tenaga profesional yang sudah resmi dimiliki oleh seorang pendidik di dalam melakukan pelayanan terhadap pendidikan – pendidikan tertentu setelah yang bersangkutan selesai menempuh uji kompetensi yang sudah dilakukan oleh masing – masing lembaga sertifikasi.

Demikian informasi singkat dari kami yang mengulas tentang pengertian sertifikasi guru, semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *