You are here: Home » Hukum » Pengertian Makar Dan Pasal – Pasalnya

Pengertian Makar Dan Pasal – Pasalnya

Pengertian Makar Dan Pasal – Pasalnya – Apakah yang dimaksud dengan ‘makar’ ?

Pengertian Makar adalah salah satu bagian ilmu pengetahuan yang terdiri atas beberapa ragam bentuk tindak pidana contohnya tindak pidana yang dilakukan dengan maksud untuk melenyapkan atau menghilangkan nyawa wakil Presiden atau Presiden.

Ada juga tindak pidana yang dilakukan dengan maksud guna membawa sebagian atau seluruh wilayah negara ke bawah kekuasaan asing atau memisahkan sebagian atau beberapa wilayah negara, dan tindak pidana dengan maksud menggulingkan atau merobohkan pemerintah yang sedang berjalan saat ini.

Dalam istilah Islam, yang dimaksud dengan makar adalah suatu tindakan tipu daya yang sengaja dilakukan oleh sekelompok orang – orang kafir atau kelompok – kelompok tertentu guna menghancurkan keadilan dan kebenaran.

Aksi tipu daya ini dapat dilakukan dengan banyak cara yaitu salah satunya dengan menyebarkan isu – isu dan fitnah, lalu melakukan beberapa kekacauan tingkat sedang. Makar bisa juga mengandung makna memalingkan orang lain terhadap apa yang ingin mereka kehendaki dengan tipuan akal terbusuk !

Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti lain terhadap suku kata makar ini yaitu memiliki makna segala tipu muslihat disertai dengan akal busuk dan  semua usaha berupa perbuatan yang memiliki tujuan untuk menjatuhkan pemerintah yang sah. Dengan kata lain makar merupakan salah satu jenis pemberontakan terhadap pemerintah yang sah yaitu Kepala Negara.

Pasal – Pasal Tentang Tindak Pidana Makar

1. Pasal 107 KUHP

Dalam Pasal Makar ini, tindakan makar dimaksudkan guna menggulingkan pemerintah yang sah, bisa diancam tindakan pidana penjara terlama adalah 15 tahun. Para pemimpin beserta pengatur makar diatur dalam ayat 1 yaitu tindak pidana akan diancam penjara seumur hidup atau pidana penjara minimal dua puluh tahun.

2. Pasal 104 KUHP

Dalam pasal ini makar dimaksudkan untuk melakukan tujuan menghilangkan nyawa atau kemerdekaan wakil Presiden dan Presiden RI, atau tujuan akan menjadikan mereka lumpuh total atau tak mampu melakukan / menjalankan pemerintahan sebagaimana menjadi kewajiban mereka.

Hukumannya adalah hukuman penjara selama – lamanya yaitu paling sedikit selama 20 tahun, hukuman mana oleh Penetapan Presiden Nomor 5 tahun 1959 akan dinaikkan menjadi hukuman mati atau penjara seumur hidup.

Pada rumusan pasal 104 KUHP tersebut di atas menyebutkan bahwa ada 3 macam tindak pidana terkait dengan makar antara lain :

  • Makar yang dilakukan dengan tujuan membunuh wakil Presiden dan Presiden.
  • Makar yang dilakukan dengan memiliki tujuan merampas kemerdekaan wakil Presiden atau Presiden.
  • Makar yang dilakukan bertujuan untuk melumpuhkan wakil Presiden atau Presiden agar tak mampu menjalankan pemerintahan.

Nah itulah artikel kami kali ini yang akan diposting berhubungan dengan tindakan hukum dalam ajaran Islam yang berjudul pengertian, makar, dan pasal – pasalnya. Semoga bermanfaat untuk para pembaca yang budiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *