You are here: Home » Biologi » Pengertian, Jenis Dan Proses Tahapan Siklus Karbon

Pengertian, Jenis Dan Proses Tahapan Siklus Karbon

Pengertian, Jenis Dan Proses Tahapan Siklus Karbon akan kami bahas melalui artikel ini untuk bisa dimengerti dan dipahami.

Pengertian siklus karbon adalah istilah yang diterapkan untuk menerangkan tentang bagaimana karbon pada suatu lingkungan bekerja di dalam tubuh makhluk hidup beserta dengan materi anorganik dan atmosfer dimana aliran karbon akan berjalan menyerupai siklus yang terjadi pada udara di permukaan Bumi ini terhadap tanaman hijau, hewan / manusia dan bahan bakar fosil yang secara ‘harfiah’ melukiskan tentang definisi kehidupan makhluk hidup seperti yang sudah berlangsung selama ini.

Mengenal Tentang Jenis – Jenis Siklus Karbon

  1. ’Fotosintesis’ yaitu salah satu jenis dari siklus karbon dimana tanaman hijau akan menerapkan / menggunakan energi radiasi guna mengubah air dan zat karbondioksida menjadi karbohidrat yang di dunia ini merupakan molekul energi paling tinggi.
  2. ’Respirasi’ adalah salah satu jenis dari siklus karbon dimana tanaman hijau akan mengubah zat karbohidrat untuk kembali menjadi air dengan karbondioksida guna melepaskan energi yang bermanfaat untuk membangun karbohidrat yang lebih kuat untuk multifungsi. Hal ini berguna buat kelangsungan hidup tanaman pada waktu malam hari ketika sedang tidak ada sinar matahari.

Tidak hanya terhadap tanaman hijau, hewan dan manusia pun mengalami proses respirasi yaitu saat hewan dan manusia sedang memakan tanaman hijau, maka karbohidrat akan diubah kembali menjadi air dan karbondioksida sehingga energi yang dilepaskan selama proses berlangsung akan menyebabkan zat bernama ‘Adenin Trifosfat’ / ATP  akan membangun di dalam tubuh manusia / hewan guna asupan sel – sel baik untuk fungsi membangun.

Proses Tahapan Siklus Karbon

Erat hubungannya dengan pemahaman dari siklus karbon, maka sangat penting untuk mengerti apa yang akan terjadi saat karbondioksida mengalami pelepasan seperti pada contoh bagaimana bahan bakar fosil terbentuk.

1. Pelepasan karbondioksida

Saat anda menemukan beberapa tanaman hijau mati karena banyak penyebab, selanjutnya karbohidrat di dalam tanaman tersebut akan diuraikan oleh jamur atau bakteri guna menjalani proses ‘respirasi’ yang memungkinkan jamur atau kelompok bakteri tersebut melepaskan karbon ke atmosfer sebagai karbondioksida.

2. Pembentukan bahan bakar fosil

Sejak jaman dulu bahan bakar fosil dapat tercipta dari tanaman hijau / ‘protista’ yang selanjutnya akan mengalami proses fotosintesis lalu mati.

Sebagian dari mereka tenggelam ke dasar laut dan ada yang dimakan oleh kelompok ‘dekomposer’. Seiring waktu berlalu, sisa – sisa tanaman hijau yang sudah mati dan tak dimakan dekomposer akan mengalami proses daur hidup yaitu menjadi bahan yang dikenal dengan nama bahan bakar fosil, contohnya adalah minyak dan gas alam.

Sedangkan batu bara merupakan salah satu bahan bakar fosil yang terbentuk dari proses siklus karbon dimana tanaman hijau yang sudah mati di dalam rawa terurai menjadi zat yang bersifat asam, hangat, namun kurang kandungan oksigen sehingga kelompok dekomposer tak mampu bertahan hidup dalam jangka waktu yang cukup lama jika memakan mereka.

Selanjutnya jamur dan bakteri akan membangun lapisan dari bahan tanaman hijau yang sudah mati tersebut di atas dengan disertai proses tekanan yang memaksa zat hidrokarbon melepas atom hidrogen dimana hasil akhir dari proses tekanan tersebut dari waktu ke waktu akan membentuk benda padat bernama batubara jenis antrasit.

Mengapa Siklus Karbon Menjadi Penting ?

Ketika bahan bakar fosil dibakar maka akan terjadi pelepasan zat karbon sebagai karbondioksida dimana atom dari karbon selanjutnya tidak lagi diproduksi ke dalam atmosfer.

Seperti diketahui bahwa zat atom karbon telah lama ada di dunia dimana atom – atom tersebut sangat dibutuhkan untuk melangsungkan dan mempertahankan kehidupan dan akan terjadi daur ulang berkali – kali melalui siklus karbon. Nah apabila zat karbon sudah tak bisa berfungsi dengan baik maka kehidupan di dunia ini bisa berubah drastis.

Demikian kami menjelaskan dengan ringkas tentang definisi terkait dengan jenis – jenis dan proses tahapan siklus karbon, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang baik hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *