You are here: Home » Lainnya » Pengertian Gerhana Matahari

Pengertian Gerhana Matahari

Pengertian Gerhana Matahari – Selamat malam kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dari gerhana matahari , salah satu peristiwa alam yang jarang terjadi , biasanya terjadi berpuluh-puluh tahun sekali disuatu wilayah , yaitu gerhana matahari , merupakan sebuah peristiwa yang menabjubkan tentunya.

Pengertian Gerhana Matahari

Jadi Gerhana matahari merupakan suatu keadaan dimana pada waktu matahari menyinari bumi , matahari tersebut tiba tiba tertutupi oleh bulan yang juga berotasi mengelilingi bumi , dengan kata lain gerhana bulan merupakan kejadian dimana matahari tertutupi oleh bulan karena pada saat itu posisi matahari , bulan , dan bumi berada pada satu garis lurus.

Sehingga saat fenomena gerhana matahari tersebut terjadi , kondisi bumi akan gelap gulita , meskipun gerhana matahari tersebut terjadi pada pagi atau siang hari keadaan bumi akan nampak seperti malam karena tidak ada sinar matahari yang menerangi , hal inilah yang menjadi daya tarik sendiri saat fenomena gerhana matahari terjadi.

Namun biasanya fenomena gerhana matahari ini hanya terjadi dibeberapa wilayah saja , dan kondisi saat bulan menutupi matahari hanya berlangsung beberapa menit saja , namun momen langka ini biasanya akan disambut meriah oleh masyarakat , karena gerhana matahari hanya terjadi puluhan bahkan ratusan tahun kemudian.

Jenis Jenis Gerhana Matahari

  • Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari ini biasanya akan terjadi saat piringan matahari sepenuhnya tertutupi oleh piringan bulan , saat itu piringan bulan akan sama besar atau bahkan bisa lebih besar .

  • Gerhana Matahari Sebagian

Terjadi saat piringan bulan hanya menutupi sebagaian piringan matahari , pada fase ini selalu ada bagian piringan matahari yang tidak tertutupi.

  • Gerhana Matahari Cincin

Terjadi saat piringan bulan menutupi sebagian piringan matahari , gerhana jenis ini terjadi apabali ukuran bulan lebih kecil dari pada matahari , sehingga ketika piringan bulan berada di depan matahari tidak semua tertutupi, sehingga terlihat seolah seperti cincin.

  • Gerhana Matahari Hibrida

Adalah gerhana matahari yang bergeser antara gerhana matahari total dan cincin , pada titik tertentu pada wilayah bumi , gerhana ini muncul sebagai gerhana total , sedangkan pada wilayah lain muncul sebagai gerhana matahari cincicn , gerhana hibrida ini relatif jarang terjadi.

Nah dan itu saja untuk artikel kali ini , semoga bermanfaat dan membantu , sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *