You are here: Home » Lingkungan » Pengertian Efek Rumah Kaca

Pengertian Efek Rumah Kaca

Pengertian Efek Rumah Kaca –¬†Fenomena efek rumah kaca sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, sejak kita masih duduk di bangku sekolahpun fenomena ini cukup hangat untuk diperbincangkan.

Semakin berkembang pesatnya dunia teknologi pada era sekarang, tidak dipungkiri lagi hal ini juga berakibat pada efek rumah kaca.

Sebelum kita lebih jauh membahas mengenai efek rumah kaca, ada baiknya kita perlu mengetahui pengertian efek rumah kaca itu sendiri.

Dapat diketahui bahwa efek rumah kaca merupakan proses naiknya suhu bumi atau proses pemanasan bumi, dimana hal ini disebabkan oleh perubahan komposisi pada suatu atmosfer. Efek rumah kaca ini pertama kali dicetuskan oleh Joseph Fourier pada tahun 1824.

Ketika kita merasa kehangatan di bumi, hal ini terjadi karena cahaya matahari yang secara alami menyentuh permukaan bumi hingga dapat menghangatkan ataupun memanaskan keadaan bumi.

Namun sebagaian panas dari permukaan bumi tersebut akan dipantulkan kembali ke angkasa luar dan panas sinar matahari tersebut akan diserap oleh gas-gas di atmosfer yang menyelimuti bumi, oleh karena itu panas sinar matahari tersebut dapat terperangkap dalam atmosfer bumi.

Peristiwa tersebutlah yang sering kita sebut dengan efek rumah kaca, hal ini di ibaratkan bahwa rumah kaca tersebut adalah bumi. Seperti yang telah digambarkan bahwa bumi ini layaknya rumah kaca dimana sinar matahari tersebut terperangkap oleh atmosfer bumi.

Efek rumah kaca dan Kehidupan makhluk hidup

Jika kita telaah kembali, makhluk hidup cukup bergantung pada efek rumah kaca ini. Di sisi lain kita perlu efek rumah kaca untuk menghangatkan suhu bumi, apabila tidak ada efek rumah kaca tersebut maka keadaan bumi akan merasakan dingin yang lebih ekstrim dibandingkan sekarang, dan hal itu dapat mengancam  keberlangsungan makhluk hidup yang ada dibumi ini.

Namun disisi lain pula, apabila fenomena ini berjalan dengan sangat cepat, dikarenakan gas-gas berlebih di atmosfer, maka pemanasan yang terjadi pada bumi ini akan semakin berlanjut dan berlebihan. Hal itu juga dapat merusak ekosistem yang ada di bumi ini.

Baca Juga :

Oleh karena itu, kita sebagai penduduk bumi perlu untuk merawat dan menjaga bumi agar dapat menahan fenomena efek rumah kaca ini, walaupun dunia teknologi semakin berkembang pesat akan tetapi kita tetap perlu untuk memberi rasa kepeduliaan terhadap bumi demi keberlangsungan kehidupan yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *