You are here: Home » Lainnya » Pengertian Desentralisasi

Pengertian Desentralisasi

Pengertian Desentralisasi – Pada artikel kali ini kita akan membahas sebuah topik mengenai pengertian dari desentralisasi.

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan desentralisasi itu? Sebenarnya desentralisasi memiliki arti pelimpahan wewenang kepada pemerintah daerah yang diberikan oleh pemerintah pusat.

Tapi untuk lebih jelasnya, mari simak baik-baik pembahasan di bawah ini dengan baik, ya.

Pengertian Desentralisasi

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, desentralisasi merupakan pelimpahan wewenang kepada pemerintah daerah yang diberikan oleh pemerintah pusat (menurut UUD No. 5 Tahun 1974). Adapun sistem desentralisasi ini bertujuan agar terciptanya pemerintahan yang efektif dan efesien.

Pelimpahan wewenang inilah yang nantinya akan menjadi cikal bakal terbentuknya sebuah daerah yang biasa disebut dengan daerah otonom, yaitu adanya kebebasan pemerintah daerah untuk mengatur kepentingannya sendiri di daerah otonom tersebut.

Contoh dari penerapan sistem desentralisasi ini contohnya adalah kewenangan dinas pendidikan dalam mengatur pendidikan, proses pemilihan kepala daerah, pembuatan kebijakan daerah yang dilakukan DPRD dan lain sebagainya.

Tujuan Desentralisasi

Adapun penerapan dari sistem desentralisasi ini memiliki tujuan sebagai berikut, yaitu :

  1. Mencegah Pemusatan Keuangan

Sistem desentralisasi memungkinkan pemerintah pusat untuk melimpahkan pengelolaan keuangan kepada pemerintah daerah yang berakibat penganggaran dan realisasi keuangan daerah dapat dilaksanakan oleh pemerintah suatu daerah demi terciptanya peningkatan kesejahteraan umum di daerah tersebut.

  1. Sebagai Bentuk Demokrasi dari Pemerintah Daerah

Desentralisasi memungkinkan terbentuknya pendemokrasian pemerintah daerah untuk melibatkan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan.

  1. Perbaikan Ekonomi Sosial di Daerah

Tentunya seperti yang dijelaskan pada poin nomor 1, pemerintah daerah yang mendapat wewenang untuk mengatur anggaran daerah, hendaknya menggunakan anggaran tersebut dengan bijak dan dapat meningkatkan setidaknya perbaikan ekonomi sosial di daerah tersebut.

Selain sistem desentralisasi, dalam ilmu ekonomi juga dikenal istilah sistem sentralisasi yang merupakan kebalikan dari sistem desentralisasi. Sistem sentralisasi adalah pelimpahan wewenang pemerintah daerah kepada pemerintah pusat.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai pengertian dari desentralisasi.

Sampai bertemu di pembahasan dari artikel yang akan datang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *