You are here: Home » Lainnya » Pengertian dan Sifat-sifat Gen

Pengertian dan Sifat-sifat Gen

Pengertian dan Sifat-sifat Gen – Tentu anda pernah mendengar istilah gen diucapkan. Bahkan istilah gen selalu mewarnai buku-buku ilmu pengetahuan yang berbasis biologi, fisika maupun kimia. Itu artinya, anak-anak setingkat SMP pasti sudah pernah mendengar dan membaca tentang istilah Gen.

Pengertian dan Sifat-sifat Gen

Pengertian dan Sifat-sifat Gen

Nah pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang pengertian Gen. Pengertian yang kami ambil dari definisi bebas serta pengertian menurut para ahli. Di akhir nanti juga kami sertakan uraian singkat mengenai sifat sifatnya (gen).

Pengertian dan Sifat-Sifat Gen

Pengertian Gen

Pengertian Gen adalah suatu bagian dari kromosom mahluk yang berada di dalam tubuh yag disebut DNA. Letaknya tepat di dalam unsur yang disebut dengan istilah lokus. Gen merupakan monitor yang bekerja untuk melihat ciri-ciri mahluk hidup yang disebut dengan aktivitas genetis.

Pengertian Menurut ahli

Pengertian Gen yang paling mendekati kebenaran adalah apa yang diungkapkan oleh dua ahli yaitu Francis Crick dan James Watson. Menurut mereka, Gen adalah sekumpulan unsur yang terdiri dari molekul-molekul kompleks yang penyebarannya bisa ditemukan di dalam inti sel.

Francis Crick sendiri adalah orang yang berhasil mengkaji tentang sistem informasi yang dikirim oleh Gen. Menurutnya informasi genetis akan dikirimkan ke seluruh struktur tubuh dengan melakukan aktivitas yang disebut dengan istilah replikasi.

Sedangkan menurut Ovisma, Gen merupakan sifat nyata yang diturunkan oleh sang induk.  Atau dalam istilah manusia, Gen adalah sifat nyata anak yang diturunkan oleh kedua orang tuanya.

Sifat-Sifat Gen

Kurang lebih ada 5 sifat gen yang harus diketahui sehingga tidak terjadi kerancuan ketika melakukan investigasi dan diagnosis antara gen dengan sel, inti sel dan lain sebagainya.  Berikut ini list sifat-sifat sel tersebut yaitu:

  1. Sel Mengandung Informasi Genetik Mahluk
  2. Tugas dan fungsi gen berbeda-beda
  3. Untuk melakukan pembelahan mitosisi dan meiosisi dibutuhkan kerja yang disebut duplikasi
  4. Gen bisa bekerja degan baik jika susunan komniasa basa nitrogen juga bekerja dengan baik.
  5. Berbentuk zarah kecil yang ada di dalam kromosom

Itulah pengertian dan sifat-sifat gen. semoga dengan penjelasan singkat ini, anda bisa mendapatkan pengetahuan baru darinya. Dialektika penting yang bisa membuat anda lebih termotivasi untuk mengurai unsur kimiawi dan biologi mahluk dengan lebih serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *