You are here: Home » Fisika » Pengertian dan Rumus Transformator

Pengertian dan Rumus Transformator

Pengertian dan Rumus Transformator – Trafo merupakan alat elektronik singkatan dari transformator. Alat ini tergolong penemuan canggih yang sangat berguna untuk masyarakat.

Alat elektronik yang mempunyai dua fungsi penting yaitu menurunkan tegangan listrik seperti mengubah 110 volt menjadi 80 volt. Fungsi yang kedua adalah menstabilkan arus bolak-balik dari sebuah sumber listrik.

Sebagian besar voltase untuk perumahan dan kantor sebesar 220 volt. Jika voltase ini didistribusikan dengan baik, rumah Anda akan mendapat aliran listrik yang normal sehingga penggunaan alat listrik tidak terganggu. Voltase ini dialirkan dari perangkat induk milik PLN dengan arus bolak-balik yang kuat.

Tegangan awal yang dikeluarkan PLN sangat besar. Bisa ratusan Kilovolt dan diperkecil ketika hendak didistribusikan kepada masyarakat. Nah pengubah tegangan inilah yang disebut travo.

Pengertian Transformator

Transformator (trafo) adalah alat elektronik yang berfungsi sebagai pengubah tegangan AC ke tegangan lain. Cara kerja aktivitas berpedoman pada prinsip induksi elektromagnetik.

Yaitu mengubah tegangan bolak-balik. Transformator memiliki peran penting bagi stabilitas tegangan. Karena alat inilah yang menaik turunkan tegangan awal dari PLN sehingga bisa didistribusikan ke perumahan dan perkantoran.

Rangkaian travo sederhana terdiri dari 2 kumparan kawat primer dan sekunder. Kumparan ini dililitkan pada besi yang dikenal dengan istilah inti besi. Inti besi adalah kumpulan lempengan besi tipis yang terisolasi dengan bentuk berlapis.

Fungsinya adalah mempermudah fluks magnet dan mengurangi panas. Jika kumparan primer dialiri listrik akan muncul flux magnetik yang kekuatannya tergantung besar aliran listrik yang muncul.

Jenis Transformator

Travo atau transformator memiliki banyak jenis. Namun jenis transformator yang populer ada tiga saja yaitu transformator step down, transformator Step up dan transformator pulsa. Transformator step down adalah travo dengan jumlah lilitan sekunder lebih sedikit dibandingkan primer.

Transformator Step up merupakan travo yang lilitan sekunder lebih banyak dibanding primer.  Fungsinya adalah menaikkan tegangan untuk pembangkit listrik.

Sedangkan transformator pulsa adalah travo yang menghasilkan getaran gelombang pulsa dengan bahan pemicu fluks magnetik.

Rumus Transformator

Jumlah tegangan trafo bisa diukur dan dihitung dengan menggunakan rumus tertentu.  Ini dia Rumus Tersebut:

Keterangan:

Vs = Tegangan sekunder (Volt)

Vp = Tegangan primer (Volt)

Np = Jumlah lilitan primer

Ns = Jumlah lilitan sekunder

Ip = Kuat arus primer (A)

Is = Kuat arus sekunder (A)

Itulah pengertian transformator, jenis dan penjelasan tentang rumus-rumusnya. Semoga menjadi pengetahuan baru tentang alat elektrik yang satu ini.  Sehingga ketika digunakan, tidak mengalami kesalahan.

Baca Juga : Pengertian Voltmeter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *