You are here: Home » Sosial » Pengertian dan Proses Pembentukan Stratifikasi Sosial

Pengertian dan Proses Pembentukan Stratifikasi Sosial

Pengertian dan Proses Pembentukan Stratifikasi Sosial – Oke, kembali lagi kita akan mempelajari mengenai social, seperti yang kita ketahui bahwa manusia tidak akan lepas dari lingkungannya dan hal tersebut yang membuat kita sebagai manusia menjadi mahluk social.

Maka dari itu kamu harus mengerti mengenai stratifikasi sosial dan proses pembentukan stratifikasi social.

Kata stratifikasi social sendiri berasal dari Bahasa Latin yakni Stratum, yang berarti tingkatan, dan secara harfiah stratifikasi social berarti merupakan tingkatan masyarakat dalam kehidupan social.

System lapisan social pada masyarakat terjadi dengan sendirinya sesuai dengan perkembangan peradaban manusia, namun lapisan atau stratifikasi social bisa saja terjadi dengan sengaja yang diintegrasikan dengan tujuan bersama.

Stratifikasi social akan menempatkan suatu kelompok ataupun individu akan memiliki tingkatan yang berbeda secara hierarki, yang berarti suatu kelompok akan mempunyai kekuasaan yang lebih besar ataupun lebih tinggi dari kelompok lainnya sehingga stratifikasi social seringkali disebut sebagai pelapisan social.

Stratifikasi social sudah dikenal sejak manusia dilahirkan dimuka bumi, dan hal tersebut terbentuk akibat dari kebiasaan manusia dalam hal berkomunikasi, berhubungan atau bersosialisasi satu sama lainnya dengan teratur atau tersusun, baik itu sebagai individu ataupun sebagai kelompok. Perbedaan yang terjadi pada lapisan masyarakat dianggap sebagai gejala global, dan gejala tersebut merupakan bagian dari sistematik social yang akan selalu ada pada setiap individu atau kelompok.

Sebagai contoh kita dapat melihat tatanan masyarakat perkotaan yang cenderung heterogen sehingga pelapisan social tersebut lebih luas dan komplek serta lebih mudah untuk diidentifikasi, hal ini disebabkan dasar stratifikasi social tersebut adalah pembagian kerja.

Maka dari itu Robin William J.R. memberikan pendapatnya mengenai pedoman utama proses terjadinya stratifikasi social pada masyarakat, yakni :

  • System stratifikasi social memungkinkan berpusat pada system pertentangan yang dapat terjadi dalam lingkup masyrakat yang selanjutnya menjadi objek penyelidikan
  • System stratifikasi social bisa dianalisis dari berbagai unsur, yaitu :
    • Kekayaan, penghasilan, keselamatan dan wewenang
    • Kriteria system pertentangan yakni apakah diperoleh berdasarkan kualitas individu, keanggotaan komunitas, hak milik, kerabat, wewenang, atau kekuasaan
    • Perilaku, cara berbusana, bentuk rumah yang melambangkan kedudukan
    • Kemudahan pada perubahan status atau kedudukan
    • Solidaritas diantara masing – masing individu atau kelompok social yang bersatu dalam suatu system social
    • Kegiatan dalam organisasi secara bersamaan atau kolektif.

Kemudian, seperti yang telah disinggung sebelumnya, adapaun dua jenis proses pembentukan stratifikasi social, yaitu :

  • Stratifikasi social alami

Dimana proses pembentukan stratifikasi social ini secara alamiah, yang terjadi bersamaan dengan dinamika kehidupan masyarakat tanpa disadari, sebagai contohnya adalah kepandaian, tingkat umur, sifat keasliaan, kekayaan, dan keturunan

  • Stratifikasi social buatan

 Stratifikasi social dibentuk secara sengaja atau penuh kesadaran oleh individu atau kelompok, pembentukan ini dapat bertujuan untuk memperoleh kepentingan tertentu yang berhubungan dengan tugas dan kekuasaan, sebagai contohnya adalah kedudukan yang diberikan oleh perusahaan tempat sesorang bekerja, partai politik, pemerintah dan lain hal sebagainya.

Jika tidak dialokasikan secara teratur kemungkinan akan terjadi pertentangan yang membahayakan masyarakat dan organisasi menjadi tidak berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.

Baca Juga : Pengertian Humas

Mungkin sekian pengetahuan dan wawasan mengenai pengertian stratifikasi social dan proses terjadinya stratifikasi social tersebut, semoga dapat memberikan manfaat yang sebesar – besarnya bagi siapapun yang membutuhkan pengetahuan mengenai hal ini, apabila ada kesalahan dan kekuarang mohon untuk memberikan kritik yang konstruktif, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *