You are here: Home » Fisika » Pengertian Dan Jenis – Jenis Gaya Fisika

Pengertian Dan Jenis – Jenis Gaya Fisika

Pengertian Dan Jenis – Jenis Gaya Fisika – Gaya di dalam Ilmu Fisika mengandung makna adalah sebuah interaksi dalam bentuk apapun yang mampu menyebabkan sebuah benda bermassa mengalami suatu perubahan dalam hal gerak, baik itu yang berhubungan dalam bentuk arah ataupun hal – hal terkait dengan ‘konstruksi geometris’.

Pengertian Dan Jenis - Jenis Gaya Fisika

Pengertian Dan Jenis – Jenis Gaya Fisika

Sebuah gaya bisa menyebabkan suatu objek dengan kondisi massa tertentu akan dapat mengubah kecepatannya atau berakselerasi dan terdeformasi guna bergerak menuju ke keadaan diam.

Jenis – Jenis Gaya Fisika

Gaya Fisika terbagi ke dalam 7 jenis antara lain :

1. Gaya Otot

Seperti mendengar namanya saja yaitu Gaya Otot, yang dimaksud dengan gaya jenis ini adalah salah satu jenis gaya yang dilakukan oleh makhluk hidup yang memiliki otot. Gaya Otot akan muncul dari sebuah kondisi yang terkoordinasi terhadap struktur otot bekerja sama dengan rangka tubuh. Gaya Otot termasuk ke dalam kelompok Gaya Sentuh.

Contohnya adalah Gaya Otot dari seseorang yang sedang mengangkat batu. Untuk mampu mengangkat batu – batu tersebut, otot di dalam tubuhnya berkoordinasi sehingga akan mampu menggerakkan tangan guna mengangkat batu – batu tersebut.

2. Gaya Pegas

Yang dimaksud dengan Gaya Pegas adalah salah satu jenis gaya yang dihasilkan melalui gerakan – gerakan sebuah alat bernama Pegas. Gaya Pegas lebih dikenal dengan sebutan Gaya Lenting Pulih yang terjadi karena memiliki sifat keelastisan terhadap suatu benda. Gaya Pegas dikelompokkan ke dalam Gaya Sentuh yang muncul karena Pegas dalam kondisi dapat memapat dan merenggang sehingga memiliki bentuk bisa dengan mudah kembali seperti semula setelah terjadinya gaya yang bersangkutan.

Contoh Gaya Pegas adalah saat seseorang yang berprofesi sebagai pemanah sedang menarik anak panah menuju ke arah belakang, maka busur pada panah yang bersangkutan akan mengikuti arah busur yang ditarik untuk selanjutnya sesudah anak panah dilepaskan maka bagian Pegas pada busur panah akan kembali menjadi bentuk semula.

3. Gaya Gesek

Yang dimaksud dengan Gaya Gesek adalah salah satu jenis gaya yang muncul karena terjadinya kondisi persentuhan secara langsung antara dua buah bidang permukaan benda. Gaya Gesek merupakan salah satu gaya yang memiliki arah selalu berlawanan dengan arah gerak benda atau arah dari gaya luar. Gaya Gesek dapat ditentukan oleh halus atau kasarnya permukaan benda. Dimana semakin halus bidang permukaan yang dimaksud maka akan semakin kecil gaya gesekan yang akan muncul sehingga gaya bersangkutan yang diperlukan untuk mendorong benda bersangkutan dapat bergerak menjadi semakin kecil.

Contohnya adalah apabila batu sejenis memiliki jumlah gaya luar adalah dalam keadaan sama digerakkan terhadap 2 buah permukaan, satu di atas lantai keramik / halus, dan yang lainnya di lantai semen / kasar, maka pergerakan batu di lantai keramik akan menjadi lebih cepat dan mudah untuk dilakukan apabila dibandingkan dengan pergerakan batu pada lantai semen.

Nah, Gaya Gesek dapat dibagi ke dalam dua jenis yaitu Gaya Gesek Statis dan Gaya Gesek Kinetik.

  • Gaya Gesek Statis

Yang dimaksud dengan Gaya Gesek Statis adalah salah satu jenis gaya yang terjadi saat benda dalam kondisi diam. Contoh dari gaya jenis ini adalah dengan meletakkan sebuah benda pada bidang miring dan benda – benda tersebut selanjutnya ditahan dengan tangan, maka benda yang bersangkutan tidak akan bergerak / tetap dalam keadaan diam karena ‘resultan’ gaya dari tangan menyerupai resultan gaya gesek yang sedang terjadi, namun apabila dilepaskan maka benda – benda tersebut akan kembali bergerak.

  • Gaya Gesek Kinetik

Gesek Kinetik merupakan jenis gaya gesek yang terjadi ketika benda dalam keadaan bergerak. Gaya Gesek Kinetik terjadi ketika nilai gaya gesek selalu lebih kecil dibandingkan gaya luar yang bekerja padanya, sehingga gaya luar menang dan membuat benda tersebut bergerak. Kami berikan disini sebuah contoh tentang Gaya Gesek Kinetik yaitu terjadinya gaya gesek antara permukaan kendaraan roda empat dengan aspal saat mobil – mobil yang bersangkutan bergerak, gaya gesek yang terjadi lebih kecil, dari gaya mesin sehingga mobil mampu bergerak.

4. Gaya Mesin

Merupakan salah satu jenis gaya yang dihasilkan melalui sistem kerja mesin dimana dengan berkembangnya teknologi maka mesin – mesin yang dibuat oleh manusia menjadi semakin canggih. Gaya Mesin membantu manusia di dalam meringankan kegiatan mereka di semua bidang. Contohnya adalah pada sistem kerja mesin motor, mesin diesel, dan lain – lainnya.

5. Gaya Gravitasi Bumi / Gaya Berat

Adalah salah satu jenis gaya tarik pada Bumi terhadap seluruh benda – benda bermassa yang terdapat pada permukaan benda bersangkutan. Dengan adanya Gaya Gravitasi Bumi maka anda bisa dengan mudah berdiri tanpa merasa khawatir akan terjatuh, apabila gaya ini tidak ada maka masing – masing benda akan melayang – layang seperti diluar angkasa.

6. Gaya Magnet

Pengertian dari Gaya Magnet adalah salah satu gaya di dalam sebuah magnet yang memiliki fungsi mampu menarik benda – benda tertentu yang berada di sekitarnya. Benda – benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut dengan benda magnetis, pada umumnya terbuat dari besi atau baja dan logam lainnya. Semakin dekat magnet dengan benda – benda magnetis maka gaya tarik magnet akan semakin besar. Gaya Magnet termasuk ke dalam Gaya Tak Sentuh karena mampu menarik benda meskipun tanpa menyentuhnya.

Contohnya adalah Gaya Magnet pada paku – paku kayu yang dengan mudah menempel pada tubuh magnet saat didekatkan.

7. Gaya Listrik

Yang dimaksud dengan Gaya Listrik adalah salah satu jenis gaya yang dihasilkan melalui benda – benda yang bermuatan listrik di dalam sebuah medan listrik.

Contoh dari Gaya Listrik adalah pada Kipas Angin yang bekerja dengan cara mengubah sumber energi listrik menjadi energi gerak.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang pengertian dan jenis – jenis gaya dalam Ilmu Fisika, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *