You are here: Home » Biologi » Pengertian Dan Fungsi Retina

Pengertian Dan Fungsi Retina

Pengertian Dan Fungsi Retina – Pengertian Retina adalah selapis tipis sel – sel yang terletak di bagian belakang bola mata yang bersifat ‘vertebrata’ dan ‘cephalopoda’.

Pengertian Dan Fungsi Retina

Pengertian Dan Fungsi Retina

Retina merupakan bagian dari mata yang memiliki fungsi untuk mengubah cahaya menjadi sinyal ke saraf. Retina mempunyai sel – sel ‘fotoreseptor’ atau ‘rods’ dan ‘cones’ yang akan menerima cahaya. Adapun sinyal – sinyal yang dihasilkan, untuk selanjutnya akan mengalami sebuah rangkaian proses yang cukup rumit untuk dilakukan oleh sel – sel ‘neuron’ retina lainnya karena akan diubah menjadi ‘potensial aksi’ terhadap sel – sel ‘ganglion’ retina.

Retina berfungsi untuk mendeteksi cahaya, memegang peranan penting di dalam proses ‘persepsi visual’, serta pada tahap ‘embrio’, retina dan saraf optik akan mengalami perkembangan ke bagian dari perkembangan bagian luar otak.

Anatomi Retina

Retina pada manusia memiliki sepuluh jenis lapis. Urutan masing – masing lapisan dari retina pada manusia adalah akan menuju ke arah ‘kornea’ sebagai berikut :

  1. Retinal pigment epithelium / RPE,
  2. Pada bagian lapisan fotoreseptor terhadap segmen dalam dan luar / rods / cones,
  3. Membran limitans eksterna adalah lapisan pembatas bagian dalam fotoreseptor dari inti sel,
  4. Lapisan – lapisan luar inti sel fotoreseptor,
  5. Lapisan luar plexiformis adalah bagian makular yang dikenal sebagai lapisan serat henle / fiber layer of henle,
  6. Lapisan dalam badan inti,
  7. Lapisan dalam plexiformis,
  8. Lapisan sel – sel ganglion adalah lapisan yang terdiri dari inti sel ganglion yang merupakan asal dari serat saraf optik.
  9. Lapisan serat saraf mengandung akson – okson sel ganglion yang menuju ke bagian nervus opticus.
  10. Membran limitans interna yaitu sebagai tempat sel – sel Muller melekat / berpijak.

Fungsi Retina Mata

Fungsi utama dari retina mata adalah sebagai media untuk menerima cahaya yang terfokus melalui lensa lalu mengubah cahaya menjadi sinyal – sinyal saraf dan mengirim sinyal saraf menuju ke otak.

Proses yang dilakukan oleh retina cahaya adalah melalui lapisan sel – sel fotoreseptor dimana pada dasarnya proses ini adalah terdiri dari sel – sel yang peka cahaya, bertanggung jawab untuk mendeteksi adanya kualitas seperti warna, cahaya, dan intensitas. Retina akan memproses beragam informasi yang dikumpulkan oleh sel – sel fotoreseptor untuk selanjutnya mengirimkan informasi ke otak melalui saraf optik.

Retina memiliki bentuk membran sangat tipis yang terdiri atas beberapa lapisan dimana pada bagian tengah retina terdapat bintik – bintik berwarna kuning yang menyimpan sifat sangat peka terhadap cahaya.

Di dalam bintik – bintik kuning terdapat jutaan sel yang utama adalah berupa sel – sel kerucut dan sel batang yang memiliki sifat sangat peka terhadap cahaya. Sel – sel inilah yang selanjutnya akan mengirim sinyal – sinyal menuju ke saraf mata lalu ke otak.

Otak akan menerjemahkan sinyal – sinyal yang bersangkutan sehingga anda akan mampu melihat benda – benda tegak (dalam kondisi utuh, tidak terbalik seperti yang aslinya ditangkap oleh retina).

Di samping bintik kuning, retina menyimpan bintik buta dimana cahaya yang jatuh pada area bintik buta akan menyebabkan manusia kesulitan dalam melihat benda – benda di sekitarnya. Selain bintik kuning, retina juga mempunyai bintik buta. Cahaya yang jatuh pada bintik buta menyebabkan manusia tidak dapat melihat suatu benda.

Fungsi retina lainnya adalah membentuk bayangan untuk selanjutnya disalurkan oleh saraf ke otak. Bayangan – banyangan benda terbalik akan dihasilkan oleh retina melalui sebuah proses untuk selanjutnya menuju ke otak sehingga tampil seperti aslinya. Kepekaan retina terhadap adanya cahaya yang masuk akan menentukan ketajaman terhadap penglihatan.

Nah sekian uraian singkat dari kami mengenai pengertian dan fungsi retina, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan umum serta bermanfaat.

Baca Juga : Rumus Transformator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *