You are here: Home » Bahasa Indonesia » Pengertian dan Definisi Opini

Pengertian dan Definisi Opini

Pengertian dan Definisi Opini – Kata opini sering sekali kita dengar dalam suatu forum, entah itu forum resmi maupun tidak resmi.

Yap ! Pengertian Opini adalah pendapat, ide atau pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideology akan tetapi bersifat tidak objektif artinya bersifat subyektif atau perorangan karena belum mendapatkan pemastian atau pengujian. Itu pengertian opini secara umum, berikut ini pengertian opini menurut beberapa ahli yang bisa saya uraikan.

  1. Menurut William Albig dalam Abdurrachman opini adalah suatu pernyataan mengenai sesuatu yang sifatnya bertentangan atau sedikitnya terdapat pandangan yang berlainan mengenai suatu hal
  2. Dalam Sunarjo opini dianggap sebagai jawaban lisan individu yang memberi respon atau tanggapan kepada rangsangan dimana suatu situasi atau keadaan yang pada umumnya diajukan suatu pertanyaan.
  3. Dalam H. frazier Moore opini berarti kesimpulan yang ada dalam pikiran dan belum dikeluarkan untuk bisa diperdebatkan. Suatu opini yang kira-kira sudah menetap adalah sentiment dan jika dipegang secara teguh kurang lebih adalah suatu keyakinan sedangkan pandangan adalah suatu opini yang agak diwarnai oleh kecenderungan.
  4. Cutlip dan Center, opini diartikan sebagai pendapat atau pandangan tentang suatu persoalan, ketika seseorang beropini terhadap suatu permasalahan yang sama akan menimbulkan penilaian yang berbeda, hal tersebut dikarenakan opini memiliki sifat subyektif yang artinya menurut pandangan senddiri-sendiri.
  5. Iris dan Protho, opini adalah pendapat yang dinyatakan terlebih dahulu agar dapat dinilai sebagai sebuah opini.
  6. Menurut Nimmo, opini adalah proses penggabungan pikiran, perasaaan, dan ulasan yang dinyatakan oleh suatu pribadi terhadap kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk mencapai ketetiban social.

Contoh kalimat opini:

Menurut bu Ratna, nilai ulangan Matematika anak-anak turun karena kebanyakan bermain Mobile legend

Menurut Seorang Petugas SPBU, kecelakaan itu kemungkinan karena sopir mengantuk.

Pantesan pada banyak yang suka mobile legend. Hhhh berwarna gitu. (Ups… ini juga termasuk opini )

Nah, kalian bisa mencoba sendiri membuat kalimat pendapat sesuai versi kalian. Kalimat opini biasanya diawali dengan kata-kata menurut…., saya rasa, sepertinya. Semoga materi tentang opini kali ini bisa menambah ilmu kalian semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *