You are here: Home » Biologi » Pengertian dan Daur Hidup Lumut

Pengertian dan Daur Hidup Lumut

Pengertian dan Daur Hidup Lumut –┬áKali ini kita akan membahas tentang Pengertian dan Daur Hidup Lumut. Tidak hanya manusia dan hewan saja ya yang memiliki daur hidup, lumut pun memiliki daur hidupnya sendiri. Yuk langsung kita simak saja penjelasannya.

Tumbuhan terbagi menjadi dua kelompok yaitu tumbuhan berpembuluh dan juga tidak berpembuluh. Lumut sendiri tergolong tumbuhan yang tidak berpembuluh.

Hidupnya bergantung pada suhu yang lembab, air, dan juga udara atau lingkungan. Bagi sebagian orang, menganggap lumut adalah tumbuhan pengganggu yang seringkali keberadaannya tidak disukai.

Namun, ternyata tumbuhan lumut memiliki manfaat sendiri, seperti meningkatkan suplai oksigen, air, dan sebagian ada yang bisa dijadikan obat. Oleh sebab itu, beberapa ahli ilmiah mempelajari daur hidup lumut agar bisa mendapatkan lebih banyak informasi berkaitan dengan lumut ini. Semua bisa Anda pelajari di bawah ini.

  1. Spora

Spora adalah fase pertama dari tumbuhan lumut. Tahap pembentukan spora disebut sporofit dan terbentuknya dari sporogonium.

  1. Protonema

Protonema berbentuk semacam benang halus dan merupakan gabungan dari spora-spora yang bertebaran. Oleh sebab itu jika diamati, protonema akan terlihat seperti rantaian sel.

  1. Lumut

Pada tahap ketiga inilah tahap penentuan pretonema yang mana nantinya akan menjadi calon lumut betina dan calon lumut jantan. Arkegonium adalah lumut betina dan Anteredium adalah lumut jantan.

  1. Ovum dan Spermatozoid

Arkegonium dan Anteredium selanjutnya akan melalui tahapan keempat, lumut yang semakin dewasa ini akan bereproduksi. Tahap keempat inilah terbentuknya ovum dan juga spermatozoid. Jika ovum dihasilakan oleh arkegonium, maka spermatozoid dihasilkan oleh anteredium.

  1. Zigot

Tahap kelima dari daur hidup lumut, jika keduanya bertemu yakni ovum dan juga spermatozoid maka terjadi perkawinan antara keduanya. Dari perkawinan inilah menghasilkan zigot. Calon lumut yang baru. Pembentukan zigot memerlukan waktu yang cukup lama yaitu 3 hingga 6 bulan.

  1. Sporogonium

Selanjutnya zigot akan berkembang ke tahapan terakhir yaitu sporogonium.

Nah, terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi penambah wawasan Anda untuk ke depannya. Terus pantau artikel selanjutnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *