You are here: Home » Biologi » Pengertian dan Ciri Leukosit

Pengertian dan Ciri Leukosit

Pengertian dan Ciri Leukosit – Leukosit, atau yang disebut juga dengan sel darah putih, adalah salah satu sel yang membentuk komponen darah. Leukosit berfungsi membantu tubuh dalam melawan berbagai penyakit infeksi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Semua sel darah putih berinti, membedakan mereka dari eritrosit dan trombosit yang tidak memiliki inti. Terdapat beberapa jenis leukosit yang secara garis besar diklasifikasikan berdasarkan struktur (granulosit atau agranulosit) atau berdasarkan garis keturunan sel (sel myeloid atau sel limfoid). Klasifikasi tersebut dibagi menjadi 5 jenis utama, yaitu neutrofil, eosinofil, basofil, limfosit, dan monosit. Setiap jenis memiliki tugas spesifik berdasarkan kemampuan dan jenis molekul asing yang dilawan, sebagai berikut:

  1. Neutrofil

Neutrofil adalah pertahanan pertama dalam sistem kekebalan tubuh yang merespons dengan cara menyerang bakteri atau virus. Sebagai tameng utama, neutrofil akan mengirim sinyal peringatan ke sel-sel lain dalam sistem kekebalan tubuh untuk merespons bakteri atau virus tersebut.

  1. Basofil

Basofil berfungsi memberi reaksi alergi dan antigen dengan cara mengeluarkan histamin kimia yang menyebabkan peradangan.

  1. Eosinofil

Target utamanya adalah parasit, dengan demikian meningkatnya jumlah eosinofil menandakan banyaknya parasit.

  1. Monosit

Monosit berpindah dari aliran darah ke jaringan-jaringan dalam tubuh sembari membersihkan sel-sel mati di dalamnya. Ia juga berfungsi memberikan potongan patogen kepada sel T sehingga patogen tersebut dapat dihafal dan dibunuh, atau dapat membuat tanggapan antibodi untuk menjaga.

  1. Limfosit

Limfosit lebih umum dalam sistem limfa daripada dalam darah. Darah mempunyai tiga jenis limfosit, yaitu limfosit T yang bertanggung jawab untuk membunuh bakteri dan virus secara langsung, limfosit B yang membuat antibodi untuk melawan antigen, serta sel pembunuh alami (natural killer cells atau sel NK) yang membunuh sel tubuh yang tidak dapat menunjukkan sinyal bahwa dia tidak boleh dibunuh. Biasanya karena telah terinfeksi virus atau telah menjadi kanker.

Secara singkat, ciri dari leukosit adalah sebagai berikut:

  • Bentuknya tidak tetap
  • Tidak berwarna
  • Mempunyai inti sel
  • Membunuh bibit penyakit
  • Membuat zat antibodi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *