You are here: Home » Organisasi » Pengertian APEC

Pengertian APEC

Pengertian APEC – APEC adalah Forum Kerjasama Ekonomi Negara-negara di kawasan Asia Pasifik ( Asia Pacific Economic Cooperation) dibentuk pada tahun 1989.

Pengertian APEC

Pengertian APEC

Tujuan forum ini dibuat untuk memperkuat pertubuhan ekonomi kawasan juga mengembangkan dan memproyeksikan kepentingan-kepentingan kawasan dalam konteks multilateral.

Bob Hawke adalah orang yang memprakarsai berdirinya APEC saat berpidato di seoul pada tahun 1989. Pada tahun itu juga 12 negara hadir di Canbera, Australia dan sepakat mendirikan APEC.

Kedua belas Negara pendiri itu adalah Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, New Zealand, Philippina, Singapura, Thailand dan Amerika Serikat.

Sejarah pembentukan APEC ini karena perubahan di UNi Soviet dan juga Eropa Timur. Runtuhnya Uni Soviet dengan system ekonomi komunisnya dan diikuti perubahan system ekonomi Negara-negara di Eropa Timur yang sebelumnya adalah pengikutnya.

System ekonomi komunis yang tertutup secara bertahap ini kemudian berubah menjadi sitem ekonomi liberal yang bebas. Sehingga muncullah kesadaran akan adanya dasarnya setiap Negara saling membutuhkan. Saat itu berlangsunglah perundingan Putaran Uruguay yang membahas tatanan perdagangan dunia.

Putaran Uruguay ialah perundingan Negara-negara anggota GATT ( General Agreement of Trade and Tariff)di tahun 1986 di Punta del Este, Uruguay.

Adanya ketakutan akan gagalnya perundingan tersebut menjadi alas an didirikannya APEC, apabila perundingan tersebut gagal ditakutkan akan muncul sikap proteksionis dan juga akan lahir kelompok-kelompok regional yang tertutup.

Keanggotaan APEC antara lain:

  1. Australia,
  2. Brunei Darussalam,
  3. Kanada,
  4. Indonesia,
  5. Jepang,
  6. Korea Selatan,
  7. Malaysia,
  8. Selandia Baru,
  9. Filipina,
  10. Singapore,
  11. Thailand,
  12. Amerika Serikat,
  13. China (RRC),
  14. Hong Kong (China),
  15. Taiwan (Republik China),
  16. Meksiko,
  17. Papua Nugini,
  18. Chile,
  19. Peru,
  20. Rusia,

APEC memiliki tiga pengamat (observer) :

  1. ASEAN Secretariat
  2. Pacific economic Cooperation Council (PECC)
  3. Pacific Islands Forum (PIF) Secretariat

Prinsip Kerja Sama APEC antara lain :

  1. Consensus : bahwa semua keputusan anggota di APEC harus disepakati oleh dan bermanfaat bagi 21 Ekonomi Anggota
  2. Voluntary and non-binding : semua kesepakatan dalam forum APEC dilakukan secara sukarela dan tidak mengikat
  3. Concerted unilateralism : pelaksanaan keputusan dilakukan secara bersama-sama sesuai kemampuan tiap Ekonomi, tanpa syarat resiprositas.
  4. Differentiated time frame yaitu bahwa setiap Ekonoi maju diharapkan melakukan liberalisasi terlebih dahulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *