You are here: Home » Tips dan Trik » MENINGKATKAN MOTIVASI SEORANG FREELANCER

MENINGKATKAN MOTIVASI SEORANG FREELANCER

Jakarta macet, kota lainnya juga sudah macet. Pergi salah, ga pergi ga kerja. Ga kerja ga punya duit. Anggapan jadul, hihihi. Masih musim kerja 9 to 5. Oh no no, big no. Banyak banget start up maupun peluang lainnya tanpa harus bersusah payah bangun subuh, berangkat pagi pulang pegal-pegal. Jadi tambah banyak tuh freelencer di seluruh dunia.

Ngatur waktu sendiri, duit cari sendiri, berapapun yang kamu mau pasti bisa tapi sesuai dengan kemampuan. Masa iya kamu mau menerjemahkan bahasa Jepang, tanpa tau bahasa Jepang sama sekali. Masa kamu ngajuin diri design logo, sedangkan buat garis 30 centi aja mencong 2x. Huaaa, malu eh jangan maksudnya.

Kalau kamu pinter bikin web bisa mempromosikan diri bikin web. Yang butuh web hari gini bukan Cuma perusahaan-perusahaan berkembang atau maju. Tapi individu aja merasa perlu. Entah buat promosi ataupun sebagai pelengkap buat porto folio ke klien.

Suka banget ngegambar abstrak alias uwel-uwelan, bisa tuh bikin komik tanpa ngarangin ceritanya. Cukup bikin yang sesuai dengan pentokohan. Enakkan. Ngerjainnya dari rumah, sambil tiduran dan belum mandi (yang ini jangan diikutin). Jorok

Tapi jangan hitung enaknya aja. Freelancer terancam ga punya uang buat makan sama bayar kost-an kalau malas cari job. Karena kalau freelancer waktu adalah uang. Bedakan sama karyawan, mau liburan bersama seperti lebaran dan tahun baru gaji tetap ditransfer. Alhamdullilah. Makanya ga heran banyak orang berpikir seribu kali untuk menjadi Freelancer. Dikubur dalam-dalam semua mimpi karena takut keluar dari zona nyaman. Dimana kerja secukupnya gajian tiap bulan tanpa tau hasil. Mau kantor lagi maju atau mundur yang penting gajiannya lancar jaya.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi motivasi bagi para freelancer agar kamu kuat:

  1. Kamu bebas liburan, tapi pikir sendiri biaya dan waktunya.

Kalau kamu libur jangan lupa untuk mengerjakan proyek baru dengan semangat baru.

  1. Kamu bos, makanya kamu yang menentukan berapa omset yang sepadan. Meski bukan bos tapi cek secara berkala harapan-harapan kamu.

Contoh : planning menikah, rencana buat DP rumah.

  1. Bisa menghasilkan lebih banyak uang, karena jam kerja yang fleksibel. Sehingga kamu bisa bekerja dimana waktunya orang lain masih berkendara. Artinya bekerja lebih lama sah-sah saja.
  2. Meskipun kamu sudah memiliki macam-macam keahlian, keterampilan atau apapun yang dapat menunjang karyamu, tak ada salahnya di upgrade lagi, sehingga kamu bisa membesarkan sayap untuk mencari klien
  3. Lihat contoh orang yang sukses.

Bukan mau membandingkan, namun ada beberapa hal seperti trik dan kebiasaan orang seperti itu. Bagusnya diikuti segera, sebelum kita lupa hal-hal yang kecil tersebut.

  1. Menciptakan hal baru

Biasanya seorang freelencer selalu punya ide yang unik. Dari makanan hingga pakaian. Pernahkah kita terbayang kripik yang biasa saja bisa menjadi oleh-oleh yang keren kalau ditangan sang kreator? Atau pernahkah kamu lihat ibu-ibu kumpul Cuma buat bunga dari kain perca

Ada satu kekurangan menjadi freelancer, uang yang didapat harus digunakan seefisien mungkin karena hidup kamu tanpa asuransi, dana pensiun atau tunjangan lainnya yang biasa diberikan oleh perusahaan.

Dibalik segala kemudahan diperlukan banyak kesabaran dan keuletan agar tetap bisa survive.

Jadi apapun pilihan kamu, kamu seorang yang menjalani semua ini. Kamu pejuang untuk hidupmu dan keluargamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *