You are here: Home » Biologi » Mengenal Tanaman Merica

Mengenal Tanaman Merica

Selamat datang untuk anda yang baru menemukan artikel ini. Anda salah seorang yang mempunyai hobbi bercocok tanam? Tepat sekali jika anda berkunjung kemari.

Masih dalam pembahasan yang menarik pada artikel ini. Kali ini kita akan diajak berkenalan dengan yang namannya merica.

Apakah anda hobbi memasak? Pasti tidak pernah melewatkan bumbu masak yang satu ini bukan.

Merica atau Piper nigrum L. Biasa kita sebut dengan lada maupun sahang. Tanaman ini biasa digunakan sebagai bumbu dapur.

Melihat sejarahnya tentang bumbu dapur ini, merica sudah ditemukan pada beberapa abad lalu. Secara umum orang-orang mengenal lada putih dan lada hitam.

Yaps, selain menjadi komoditas perdagangan dunia, merica juga sering dikenal dengan sebutan The King Of Spice atau rajanya rempah-rempah.

Sebagai informasi, di Indonesia sendiri lada atau merica ini memiliki 40 jenis varietas sesuai dengan daerahnya. Tanaman merica juga mempunyai nilai ekonomis, merica mulai berbuah antara 2-3 tahun. Jika anda jalan-jalan ke Sulawesi Selatan anda akan menemukan beberapa petani membudidayakan merica sebagai usaha kecil mereka ditempat mini perkebunan.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang ada, kini petani sudah membudidayakan lada perdu karena hanya membutuhkan lahan yang minim saja.

Memiliki batang yang panjangnya bisa mencapai 15 m, namun untuk membudidayakan lada perlu memotong batangnya hingga tersisa 200 centi – 300 centi.

Akar yang dimiliki oleh tanaman merica ini adalah akar tunggang. Ukuran panjang dahan pada merica ini adalah berkisar antara 35 – 65 cm. Merica juga memiliki daun yang unik berbentuk bulat telur dan ujungnya meruncing.

Tanaman merica atau Piper nigrum L. Mengalami perkembangan yang sangat pesat serta menjanjikan jika anda bisa memproduksi dengan baik. Hal ini bisa anda lakukan dengan memperhatikan penerapan budidaya mulai dari persiapan lahan, pembibitan serta penanaman dengan baik dan benar.

Kondisi covid ini menjadikan kita juga harus waspada akan kebutuhan dasar pangan kita, untuk mengantisipasi keadaan tersebut anda bisa melakukan penanaman merica dirumah sebagai solusi untuk menghemat uang dari pembelian uang untuk bumbu dapur.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Alpukat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *