You are here: Home » Kesehatan » Mau Tahu Manfaat Diet Mediterania

Mau Tahu Manfaat Diet Mediterania

Mau Tahu Manfaat Diet Mediterania – Saat ini beragam macam diet sehat bermunculan, mulai dari diet karbo, diet mayo, hingga yang terbaru adalah diet mediterania. Diet ini pada awalnya sering dilakukan oleh orang Eropa maupun Amerika.

Ketika Anda melakukan diet ini, ada sebuah piramida makanan yang harus Anda patuhi, mulai dari makanan yang wajib Anda konsumsi setiap hari, setiap minggu, hingga setiap bulan. Makanan yang Anda konsumsi pun tidak lupa harus dibumbuhi dengan minyak zaitun.

Menurut penelitian, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika melakukan diet ini. Apa sajakah itu? Berikut ini berbagai manfaat dari diet mediterania.

  1. Menurunkan berat badan

Ketika seseorang melakukan diet, tentu pada umumnya bertujuan untuk menurunkan berat badan. Karena diet ini menerapkan pola makan sehat yang rendah lemak, maka sudah pasti berat badan Anda akan turun dengan perlahan.

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Diet mediterania menyarankan Anda untuk mengkonsumsi minyak zaitun, makanan-makanan yang tinggi akan serah dan rendah lemak jenuh sehingga akan menurunkan resiko penyakit jantung. Karena pada umumnya penyakit jantung terjadi karena lemak mengganggu sirkulasi darah ketika keluar ataupun masuk ke jantung.

  1. Mengurangi resiko penyakit diabetes

Kacang-kacangan yang dianjurkan dikonsumsi ketika Anda menjalani diet ini akan membantu Anda mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2. Hal itu dikarenakan kacang-kacangan dapat mengontrol kadar glukosa dalam darah.

  1. Mengurangi resiko penyakit Parkinson dan alzheimer

Pola makan sehat yang diterapkan dalam diet ini juga dapat mengurangi resiko penyakit Parkinson dan Alzheimer di masa tua Anda.

  1. Mengurangi stress dan mempercantik kulit

Karena makanan yang dikonsumsi merupakan makanan yang mengandung antioksidan, jadi akan mengurangi pengaruh  buruk oksidatif dan stress. Selain stress, antioksidan ini juga dapat mempercantik kulit Anda.

  1. Memperpanjang umur dan membuat awet muda

Dengan terhindarnya berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, kolesterol, Parkinson, dan lainnya ketika melakukan diet ini maka diet ini akan memperpanjang umur Anda. Selain itu penelitian juga membuktikan bahwa seseorang yang melakukan diet ini mempunyai kromosom lebih muda dan lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *