You are here: Home » Biologi » Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan – Bawang dayak mampu tumbuh subur di pegunungan pada ketinggian 600 – 2.000 m dpl. Di Kalimantan Barat, bawang dayak ditanam pada ketinggian mencapai 1 – 200 m dpl. dengan pH tanah sekitar 6 – 7.

Tanah subur dan struktur remah, kandungan bahan organik tinggi, pertanaman terluas merupakan area yang dilakukan di lahan gambut dengan produksi ketika musim panen tiba dapat mencapai hasil sekitar 5 ton per hektar. Adapun bagian yang ditanam adalah umbinya yang bermanfaat besar untuk kesehatan.

Baca Juga : Cara Meningkatkan SEO

Selain itu daunnya juga bermanfaat sebagai pelancar air susu ibu (ASI) yang memiliki bentuk dan warna menyerupai daun bawang merah.

Bawang dayak / bawang tiwai / bawang sabrang ( eleutherine palmifolia merr ) mempunyai kandungan fotokimia antara lain alkaloid, glikosida, flavanoid, fenolik, steroid dan zat tannin yang merupakan salah satu sumber terbesar dari biofarmaka potensial. Alkaloid merupakan bahan organik yang banyak mengandung nitrogen sebagai bagian dari heterosiklik. Senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin mempunyai aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah yang berkhasiat untuk pengobatan diabetes melitus, Bahkan alkaloid yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai anti mikroba.

Hepatitis Hepatitis Adalah Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Yang Menyerang Organ Hati

Pada hepatitis C, apabila tidak segera ditangani maka akan bisa menyebabkan kanker hati atau sirosis yang bisa berakhir anda menderita gagal hati. Nah, karena bawang dayak diketahui banyak mengandung antioksidan, maka seseorang yang memanfaatkan herbal ini bisa terhindar dari virus hepatitis yang dapat menular dengan cepat. Bagi orang yang menderita penyakit kuning akibat hepatitis, perlu untuk tetap mendapatkan penanganan secara medis.

Asam Urat Dan Radang Prostat Dan Ambeien

Asam urat yang dalam kondisi parah bisa menyebabkan gout athritis, yaitu radang sendi menyakitkan sebagai akibat adanya manifestasi asam urat yang berbentuk kristal di dalam persendian. Bawang dayak menunjukkan sifat anti radang, sehingga memungkinkan membantu anda meredakan sakit akibat radang sendi, atau peradangan lain seperti radang prostat dan ambeien.

Diabetes

Jika dikonnsumsi secara rutin, ekstrak dari bawang dayak dapat membantu menurunkan dan menjaga kadar gula darah yang tinggi terhadap para penderita diabetes.

Peluruh Lemak Dan Kolesterol Tinggi

Khasiat alamiah karena zat aktif yang banyak terkandung di dalam bawang dayak termasuk ampuh buat membantu meluruhkan timbunan lemak pada tubuh anda. Termasuk ampuh buat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang merupakan faktor utama penyebab anda berisiko terkena penyakit arteri dan jantung koroner.

Cara Mengonsumsi

Selain mengonsumsi bawang dayak segar setiap hari sebagai bahan penyedap masakan, anda juga bisa membeli dalam bentuk ekstrak yang dikapsulkan, konsumsilah dalam bentuk segar dengan cara mengambil 6 siung bawang dayak yang sudah dicuci bersih dan dipotong – potong kecil kemudian direbus dengan 2 gelas air, sisakan satu gelas dan diminum setelah dingin.

Aturan pakai ( untuk semua jenis penyakit ) adalah :

  • – Ambil 5 – 6 butir bawang, cuci bersih, dan potong kecil – kecil,
  • – Rebus bawang dengan 2 gelas air hingga air berkurang setengahnya,
  • – Minum air rebusan bawang, sehari 2 kali saja hingga dirasa badan kembali sehat.

Selama anda mengkonsumsi bawang dayak, disarankan untuk tidak memakan makanan berupa vetsin, lemak, daging – dagingan, dan yang banyak mengandung fermentasi seperti tape, tempe dan minuman yang mengandung alkohol dan gas.

Semoga bermanfaat !

Baca Juga : Cara Mengganti Akun Adsense

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *