You are here: Home » Biologi » Macam dan Ciri Kromosom

Macam dan Ciri Kromosom

Kromosom–sebuah substansi genetik yang tersusun atas protein dan rantai DNA yang didalamnya mengandung kode-kode genetik, memiliki sejumlah macam dan juga ciri-cirinya. Artikel ini akan menjeleskan apa saja macam dan ciri-ciri yang dimiliki kromosom.

Macam dan ciri kromosom akan dibedakan dan dibagi menjadi dua aspek, kedua aspek tersebut adalah fungsinya, dan juga letak sentromernya. Kedua pembedaan ini akan memberikan kita kajian yang mendetil perihal macam dan ciri yang membeda-bedakan kromosom pada dasarnya.

Sebelum memasuki pembahasan macam dan ciri kromosom menurut fungsinya, ada baiknya kita telaah terlebih dahulu apa saja fungsi dari kromosom itu sendiri, berikut adalah fungsi-gungsi dari kromosom:

  1. Menyimpan informasi genetik

seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kromosom mengundung rantaian DNA. Rantai-rantai DNA inilah yang didalamnya terkandung informasi genetika seseorang. Informasi ini biasa digunakan oleh bidang kedokteran atau kepolisian untuk memeriksa kelainan bawaan, atau melacak silsilah kekerabatan.

  1. Mengatur metabolisme sel,

Kromosom terletak didalam inti sebuah sel, dan pengaturan sel semua dilakukan didalam inti tersebut. Dengan kata lain, pengaturan-pengaturan sel tersebut merupakan sebuah kontrol yang dijalankan oleh kromosom. Sintesis protein memerlukan cetakan kode genetik–dan itu tersimpan didalam kromosom.

  1. Agen pewarisan sifat,

Saat sel melakukan pembelahan, maka didalam prosesnya akan pula terjadi duplikasi kromosom. Hal ini bertujuan untuk membagikan informasi genetik kepada sel-sel baru yang tercipta. Sel-sel gamet yang adalah sel seks hanya memiliki separuh–namun pada saat fertilasi, akan terjadi sebuah persatuan sel gamet tersebut sehingga individu yang baru memiliki kedua informasi dari masing-masing induk.

Berbekal fungsi dari kromosom itu sendiri, maka dapat kita telaah apa saja macam kromosom menurut fungsinya:

  1. Kromosom seks (gonosom)

Kromosom seks adalah yang mengatur jenis kelamin.  Dalam sel tubuh, jumlah kromosom ini adalah tunggal. Namun, dalam sel gamet jumlahnya sepasang. Laki-laki memiliki kromosom seks XY, sedang perempuan adalah XX.

  1. Kromosom Tubuh (autosom)

Kromosom ini adalah kromosom yang mengatur sifat yang terkandung dalam tubuh seorang manusia–kecuali jenis kelamin. Sifat-sifat yang dimaksud adalah warna kulit, bentuk rambut, warna mata, bentuk hidung dan bibir, dan sebagainya. Tentu ada efek turun-menurut berdasarkan induknya.

Selain dikaji menurut fungsinya, macam dan ciri kromosom juga bisa dilihat melalui letak setromernya. Pengelompokan ini mengandung 4 jenis kromosom yaitu:

  1. Metasentrik

Adalah kromosom yang letak setromernya tepat ditengah. Hal ini menyebabkan bentuknya yang menyerupai huruf X jika menduplikat, atau huruf V jika tunggal.

  1. Submetasentrik

Adalah kromosom yang hampir sama dengan metasentrik karena letak sentromernya ditengah. Saat pembelahan, letak lengan tidak sama panjang. Hal ini dikarena saat tunggalnya, bentuknya menyerupai huruf I.

  1. Akrosentrik

Merupakan kromosom yang letak sentromernya berada hampir diujung salah satu sisi kromosom. Saat pembelahan, lengan yang hadir tidak akan sama panjang dengan perbanding ratio 1:3. Kromosom tunggalnya berbentukan huruf J.

  1. Telosentrik

Telosentrik merupakan kromosom yang letak setromernya berada tepat diujung kromosom. Kromosom ini hanya memiliki satu lengan sehingga bentuknya menyerupai tanda seru (!)

Baca Juga :

Demikianlah macam dan ciri yang dapat dikaji dalam perihal kromosom. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *