You are here: Home » Biologi » Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Tempuyung

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Tempuyung

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Tempuyung – Daun pada tanaman tempuyung sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai salah satu bagian dari jenis daun yang difungsikan sebagai bahan alami dalam pengobatan herbal yang mana tanaman tempuyung itu sendiri sangat mudah untuk tumbuh dan ditemukan karena bersifat semak yang tumbuh diantara tetanaman lainnya sehingga terlindung dari sinar matahari.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Tempuyung

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Tempuyung

Nama lain dari daun ini adalah daun jombang atau daun lempung. Daun jombang / lempung / tempuyung mempunyai bentuk yang lonjong dengan ujung daun yang lancip dan bagian tepi daun berombak tidak beraturan.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kunyit

Pada beberapa jenis penyakit, tanaman daun tempuyung dijadikan sebagai salah satu tanaman herbal untuk pengobatan ? Mengapa ? Jawabannya adalah tak lain dan tak bukan karena daun ini mengandung beberapa senyawa yang mampu membantu tubuh dalam melawan serangan penyakit yang bersangkutan. Daun ini mengandung zat yaitu kalsium, silica, natrium, magnesium, flavonoid, taraksaterol, kumarin, inositol, dan juga asam fenolat. Masing – masing kandungan yang dimaksudkan bisa anda gunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh anda.

Tempuyung adalah merupakan tanaman obat yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Tempuyung termasuk ke dalam tanaman dalam suku asteraceae yang mana memiliki tanaman tidak berkayu dan tergolong tumbuhan terna yang menyukai tempat yang langsung terkena sinar matahari. Tempuyung bermanfaat seperti mengatasi wasir, mengobati kencing batu, mengobati bisul, mengatasi radang payudara, mengatasi luka bakar, dan lain sebagainya.

Klasifikasi Tanaman Tempuyung

  • Kingdom : Plantae
  • Filum : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Asterales
  • Famili : Compositae
  • Genus : Sonchus
  • Spesies : Sonchus Oleraceus L

Morfologi Pada Tanaman Tempuyung

1/Akar tanaman tempuyung

Tanaman tempuyung mempunyai sistem perakaran tunggang yang kuat mencengkeram ke dasar tanah dimana tanaman bersangkutan sedang dikembangbiakkan.

2/Batang tanaman tempuyung

Adapun batang tanaman tempuyung memliki bentuk bulat dan lunak yang didalamnya terdapat rongga udara, memiliki getah dan berbulu – bulu serta memiliki warna hijau terang. Tanaman tempuyung mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian antara 65 s/d 150 cm.

3/Daun tanaman tempuyung

Tanaman tempuyung mempunyai daun yang berbentuk lonjong dan memiliki warna yaitu hijau terang yang mana pada bagian tepi daun bergerigi tak beraturan dan bagian ujungnya meruncing. Helaian daun tempuyung memiliki ukuran panjang sekitar 6 s/d 48 cm dengan lebar antara 3 s/d 12 cm. Pada bagian bawah daun tempuyung terpusat dan memfokus membentuk roset.

4/Bunga dan buah tempuyung

Tanaman tempuyung membunyai bunga yang memiliki bentuk malai dengan kelopak bunga memiliki keindahan bentuk menyerupai sebuah lonceng. Mahkota bunga tempuyang terbentuk dari kumpulan – kumpulan menyerupai jarum yang memiliki warna putih atau kuning.

Sedangkan buah tempuyang berbentuk kotak berusuk lima memanjang dan pipih serta terdapat bulu – bulu berwarna hitam. Biji – biji yang berada di dalam buah tempuyung sangat kecil dan ringan berupa serbuk.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman tempuyung, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kelapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *