You are here: Home » Biologi » Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nipah

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nipah

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman NipahTanaman Nipah adalah sejenis palem (palma) yang tumbuh di lingkungan hutan bakau atau daerah pasang-surut dekat tepi laut.

Tumbuhan ini umumnya disebut Nypa palm, namun di beberapa negara lain, tumbuhan ini dikenal dengan nama  Attap Palm (Singapura) dan Nipa Palm atau losa (Filipina.

Nama ilmiah dari tanaman ini adalah Nypa fruticans Wurmb, dan diketahui sebagai satu-satunya anggota marga Nypa.

Tumbuhan ini merupakan satu-satunya jenis palma(palm) dari wilayah mangrove. Fosil serbuk sari palma ini diketahui telah ditemukan sekitar 70 juta tahun yang silam.

Daun nipah yang telah tua banyak dimanfaatkan untuk membuat atap rumah yang daya tahannya dapat mencapai 3-5 tahun. Daun nipah yang masih muda mirip janur kelapa, dapat dianyam untuk membuat dinding rumah yang disebut kajang. Daun nipah juga dapat dianyam atau dikreasikan untuk membuat tikar, tas, topi dan aneka keranjang anyaman.

Di Sumatra, pada masa silam daun nipah yang muda (dinamai pucuk) dijadikan daun rokok-yaitu lembaran pembungkus untuk melinting tembakau, setelah dikelupas kulit arinya yang tipis, dijemur kering, dikelantang untuk memutihkannya dan kemudian dipotong-potong sesuai ukuran rokok.  Beberapa naskah lama Nusantara juga menggunakan daun nipah sebagai alas tulis.

Klasifikasi Tanaman Nipah

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Ordo : Arecales
  • Famili : Arecaeae
  • Genus : Nypa
  • Spesies : Nypa fruticans
  • Morfologi Tanaman Nipah

Morfologi Akar dan Daun Nipah

Tanaman Nipah memiliki akar serabut yang panjangnya 13 cm. Anak daun memiliki bentuk pita yang memanjang hingga 100 cm dengan lebar daun 4-7 cm. Jika masih muda, daun Nipah berwarna kuning yang akan berangsur berubah menjadi hijau saat sesuai perkembangan tumbuhan tersebut.

Morfologi Batang Nipah

Tumbuhan nipah mempunyai batang terendam di bawah lumpur yang menjalar di bawah tanah dengan tebal batang kira-kira 60 cm. Dedaunan yang ditumbuhkan dapat meraih ketinggian berkisar 7 meter sedangkan tangkai bunganya dapat mencapai panjang 1 meter dengan kulit yang keras berwarna hijau yang seiring waktu berubah warna menjadi coklat tua, walaupun luarnya keras, bagian dalamnya lunak seperti halnya gabus.

Morfologi Bunga dan Buah Nipah

Setiap untaian bunga jantan memiliki sekitar 4 bulit bunga dengan panjang kisaran 5 cm, bunga ini dilindungi oleh seludang bunga dengan bagian serbuk sari menjulur keluar. Panjang dari tangkai badan bunga dapat mencapat 100 hingga 170 cm. Untuk buahnya, tumbuhan Nipah bertipe buah batu dengan mesokarp yang bersabut, berbulat telur terbalik dan tipis dengan kira-kira 3 rusuk berwarna coklat kemerahan dengan ukuran 11 x 13 cm.

Nipah memiliki buah yang berbentuk tipis dan berusuk 2-3 buah berwarna coklat kemerahan yang memiliki diameter kisaran 13 cm. Struktur buahnya mirip dengan buah kelapa, eksokarp halus, mesokarp sabut, dan endocarp keras layaknya tempurung. Biji buah Nipah dilindungi tempurung dengan panjang 8-13 cm yang berbentuk kerucut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *