You are here: Home » Biologi » Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Nanas

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Nanas

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Nanas – Tanaman buah nanas / ananas comosus adalah tanaman buah yang berupa semak – semak dan dapat hidup dalam jangka waktu tertentu yang hanya satu musim yaitu musim kering dalam setahun / perennial. Tanaman nanas merupakan salah satu jenis tumbuhan tropis yang berasal dari Bolivia, Brazil, dan Paraguay lalu menyebar ke pelosok dunia termasuk ke Indonesia.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Nanas

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Nanas

Banyak yang suka mengkonsumsi buah nanas dalam keadaan segar atau dibuat jus nanas yang lezat sehingga buah ini tepat dimanfaatkan sebagai buah meja. Rasanya asam – asam manis dan banyak mengandung air juga terasa segar di mulut namun perlu diperhatikan ketika mengupas buah yang satu ini perlu membalur dengan garam dapur secukupnya saja karena garam dapur dapat menghilangkan getah buah nanas segingga tidak menimbulkan gatal – gatal di lidah ketika anda memakannya.

Baca Juga : Proses Karbohidrat Dipecah Menjadi Energi

Klasifikasi Tanaman Buah Nanas

Kingdom Plantae
Divisi Magnoliopphyta
Kelas Liliopsida
Ordo Bromeliales
Famili Bromeliaceae
Genus Ananas
Spesies Ananas Comosus

Morfologi Tanaman Buah Nanas

1. Morofologi akar tanaman buah nanas

Tanaman buah nanas mempunyai dua jenis akar yang dengan mudah bisa anda bedakan yaitu akar tanah dan akar samping.

Adapun akar tanaman buah nanas bersifat akar serabut yang mana akar tanaman nanas tumbuh dan berkembang dari batang yang untuk selanjutnya menancap atau masuk lebih dalam diantara ruang batang dan daun. Akar ini selanjutnya akan menjadi pipih lalu melingkar dikarenakan akar dalam kondisi terjepit.

2. Morfologi batang tanaman buah nanas

Batang pada tanaman nanas tidak hanya berfungsi sebagai tempat tumbuhnya akar, namun juga sebagai tempat melekatnya daun, bunga, tunas dan juga buah.

Dalam hal ini batang nanas sulit untuk dilihat karena batang nanas relatif pendek sekitar 20 s/d 30 Cm sedangkan tangkai bunga atau tangkai buah pada nanas merupakan hasil dari perpanjangan batang.

3. Morfologi daun tanaman buah nanas

Seperti diketahui bahwa daun pada tanaman buah nanas memiliki bentuk seperti pita yang sangat panjang bisa mencapai ukuran sekitar 130 s/d 150 Cm dan lebar sekitar 3 s/d 5 Cm. Memiliki permukaan daun yang bersifat halus dan mengkilap serta berwarna hijau tua namun terkadang berwarna merah tua atau cokelat kemerahan.

Jumlah masing – masing daun per batang sekitar 70 s/d 80 helai daun dengan letak daun nanas berbentuk spiral, mengelilingi batang bahkan hingga batangnya sendiri tidak kelihatan. Di samping itu daun tanaman nanas tidak bertulang daun / nervatio / veberatio yang di bagian tepi bergerigi berduri tajam.

4. Morfologi bunga pada tanaman nanas

Tanaman nanas memiliki rangkaian bunga yang bersifat majemuk pada ujung batangnya. Bunga nanas ini memiliki sifat hermafrodit / bunga sempurna karena dalam satu bunga memiliki putik / pistillum dan benang sari / stamen. Bunga – bunga ini berjumlah sekitar 100 s/d 200 kuntum bunga dalam satu tanaman yang mana bunga – bunga yang dimaksud akan terbuka / kembang setiap hari sekitar 5 s/d 10 kuntum bunga yang terletak pada ketiak daun pelindung. Pertumbuhan bunga nanas ini membutuhkan waktu sekitar 10 s/d 20 hari sedangkan munculnya bunga itu sendiri membutuhkan waktu sekitar 6 s/d 16 bulan dari waktu pertama kali penanaman.

5. Morfologi buah pada tanaman buah nanas

Buah pada tanaman nanas merupakan buah majemuk yang memiliki bentuk seperti gabungan antara 100 s/d 200 kuntum bunga dan bentuknya bulat memanjang.

Pada buah nanas terdapat mata buah nanas yang adalah bekas putik dari bunga nanas. Adapun ukuran, bentuk, rasa, dan aroma buah nanas tergantung dari jenis varietasnya dimana pada umumnya buah nanas berwarna cerah dan cantik yaitu orange kekuningan dan putih pucat kekuningan ketika sudah matang dan berwarna kulit hijau dengan daging putih pucat ketika masih muda.

Buah nanas ini bisa dipanen sekitar 5 s/d 6 bulan setelah tanaman nanas berbunga. Yang mana pada bagian atas bunga terdapat mahkota bunga / corolla yang dapat bermanfaat untuk perbanyakan tanaman.

Demikian artikel dengan judul klasifikasi nanas ini kami buat untuk dapat dipahami oleh para pembaca, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Pengendalian dan Penyakit Tanaman Jambu Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *