You are here: Home » Biologi » Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Tanah

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Tanah

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Tanah – Halo ! artikel kali ini kita akan membahas mengenai sebuah tanaman yang mungkin hasil dari tanaman tersebut kamu suka sekali mengkonsumsinya, apalagi kalo lagi nonton film atau sambil ngopi bareng temen, wadaw ! asique sekali loh hehehe, oke kali ini kita akan membahas mengenai klasifikasi dan morfologi dari tanaman kacang tanah.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Tanah

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Tanah

Kamu tau gak sih kalo sebenernya kacang tanah itu merupakan salah satu sumber nutrisi yang tak hanya memiliki rasa yang gurih dan bikin nagih aja loh, tapi masih banyak yang belum ke ekspose loh.

Kacang tanah juga merupakan sumber nutrisi yang kaya manfaat buat kesehatan tubuh dimana salah satunya adalah kandungan protein juga lemak sehat di dalam kacang tanah dipercaya sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh, dan ada beberapa lagi yang saya ketahui loh, mau tahu gak ? silahkan dilanjut membaca ya.

Pertama bisa menstabilkan kolesterol tubuh, kemudian mengurangi gula darah, yang ketiga mencegah penuaan dini, selanjutnya mengatasi stress atau depresi, mencegah kanker dan yang terakhir adalah mengurangi risiko batu empedu ! banyak kan ?

banget ! nah kalo udah tau manfaatnya yuk kita kupas kacangnya, eh pengetahuannya maksud saya, berikut adalah klasifikasi Kacang Tanah :

  • Kingdom – Plantae
  • Sub Kingdom – Viridplantae
  • Infra Kingdom – Streptophyta
  • Super Divisi – Embryophyta
  • Divisi – Tracheophyta
  • Sub Divisi – Spermatophytina
  • Kelas – Magnoliopsida
  • Ordo – Fabales
  • Famili – Fabaceae
  • Genus – Archis L
  • Spesies – Arachis hypogaea

Oke, udah kan klasifikasinya ? tinggal apa ? morfologinya dong ya, nah tanaman ini memiliki tiga bagian utama, yaitu daun, akar, dan batang sedangkan bagian organ reproduktif kacang tanah yaitu bunga buah dan biji.

Secara umum pembudidayaan kacang tanah dibagi menjadi dua tipe sesuai dengan bentuk atau letak cabang lateral dari tanaman kacang tanah tersebut, yaitu tipe menjalar dan tipe tegak lurus.

Untuk akar kacang tanah ada sebuha akibat dari hubungan simbiosis mutualisme antara tanaman kacang tanah dengan bakteri N. Rhizobium Sp.

Myang menyebabkan akar pada tanaman kacang tanag memiliki nodul atau berbintil, kemudian bentuk perakaran tanaman kacang tanah adalah akar tunggang, dengan akar cabang tumbuh pada akar tunggung tersebut.

Kemudian tanaman kacang tanah memiliki batang yang kerdil dan berbuku – buku, pada awalnya tanaman kacang tanah tumbuh tunggal, kemudan akan tumbuh cabang – cabang, dimana secara umum tanaman kacang tanah tumbuh tinggi sekitar 30 sampai 50 cm, namun bisa lebih tinggi lagi sesuai dengan jenis kacang tanah tersebut.

Pada daun kacang tanah ini berbentuk daun majemuk dengan bersirip genap, dan terdiri dari 4 anak bentuk bulat, oval, maupun agak lancip. Selain itu bunga yang dimiliki oleh tanaman kacang tanah berbentuk seperti kupu – kupu dengan warna agak kekuningan.

Tanaman kacang tanah yang berumur 4 hingga 6 minggu setelah ditanam mulai memasuki tahap berbunga, dimana malam hari merupakan waktu bagi bunga kacang tanah untuk berbunga, bunga kacang tanah mekar selama 24 jam, setelah itu bunga akan kembali layu dan berguguran.

Polong pada tanaman kacang tanah berwarna putih kecoklatan dengan cangkang yang keras, setiap polong pada kacang tanah memiliki 1 hingga 4 biji, kemudian pembentukan polong pada kacang tanah terjadi setelah masa pembuahan, bakal buah tersebut tumbuh secara memanjang, hal ini disebut sebagai ginopor.

Ginopor merupakan tangkai polong pada kacang tanah yang berbentuk di udara, sedangkan dalam tanah terbentuk polong. Selain itu biji dimiliki oleh kacang tanah berbentuk bulat atau lonjong, dengan terbungkus oleh suatu lapisan tipis berwarna putih dan juga merah.

Yap mungkiin sekian deh artikel kali ini yang membahas mengenai klasifikasi dan morfologi dari tanaman kacang, yang mana kacang tanah selain gurih dan menjadi kawan kopi ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, so sebelum kita tau apa yang kita makan kita harus menganalisis dulu mengenai klasifikasi dan morfologinya, cz we are what we eat.

Baca Juga : Letak Jaringan Floem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *