You are here: Home » Lainnya » Jenis dan Manfaat Pelayanan

Jenis dan Manfaat Pelayanan

Jenis dan Manfaat Pelayanan – Siapa sih yang gak mau dilayanin ? pasti semua orang pengen dilayanin deh, tapi apakah kamu mengetahui arti kata dari ‘pelayanan’ ? ah.. masa mau dilayanin tapi gak tau sih ?

oke daripada panjang urusannya, kita bahas aja ya. Menurut KBBI ‘pelayanan’ adalah usaha untuk melayani kebutuhan orang lain dengan memperoleh imbalan (uang) atau bisa dikenal dengan nama jasa.

Oke kamu udah tau deh tuh apa arti atau pengertian pelayanan, nah saya gak akan bahas panjang lebar mengenai pemahaman kamu yang terkait dengan pelayanan, namun saya akan lebih mengupas mengenai jenis pelayanan apa saja yang diketahui, dan apa manfaat dari pelayanan tersebut, so untuk lebih lanjut silahkan disimak yak gaes !.

Pelayanan yang diperlukan oleh mahluk hidup ( ya khususnya manusia lah) ada dua jenis yaitu :

  • Layanan fisik yang sifatnya pribadi sebagai manusia
  • Pelayanan administrasi yang diberikan oleh orang lain selaku anggota organisasi (massa maupun pemerintahan).

Adapun alur pelayanan yang dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu adalah pelayanan internal dan eksternal, untuk pelayanan internal meliputi :

  • Pelayanan vertical,yakni pelayanan dari pimpinan atau manajemen kepada unit atau anggota organisasi
  • Pelayanan horizontal dan diagonal, yakni pelayanan dari unit atau anggota organisasi kepada unit atau anggota organisasi lain.

Sedangkan pelayanan eksternal mencakup :

  • Pelayanan makro atau manajerial, yaitu pelayanan dari organisasi kepada masyarakat luas, organisasi yang tampilannya dapat diukur dari kualitas manajemen organisasi yang bersangkutan
  • Pelayanan mikro, yaitu pelayanan organisasi kepada masyarakat diluar organisasi yang tampilannya dapat diukur dari kualitas tampilan fisiknya

Adapun jenis – jenis pelayanan yang sesuai dengan pelanggan yaitu sebagai berikut :

  • Pelayanan sebelum transaksi, pelayanan pada konteks ini meliputi system, struktur dan lingkungan operasional yang ditetapkan sebuah organisasi sebelum terjadi transaksi
  • Pelayanan saat transaksi, pelayanan pada konteks ini adalah pelayanan yang dirasakan oleh pelanggan selama proses transaksi
  • Pelayanan setelah transaksi, adalah pelayanan yang dinikmati pelanggan setelah transaksi berlangsung, pelayanan pada konteks ini menurut keakuratan dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan produk layanan

Untuk layanan umum yang dapat dilakukan oleh siapapun, bentuknya tidak akan terlepas dari tiga macam, yaitu :

  • Layanan dengan lisan – bertugas memberikan pelayanan berupa penjelasan kepada siapapun yang memerlukan
  • Layanan melalui tulisan – layanan yang melalui tulisan adalah tulisan yang paling menonjol dalam pelaksanaan tugas, tidak hanya dari segi jumlah namun juga dari segi peranannya, satu hal yang perlu diperhatikan ialah factor kecepatan, baik dalam pengolahan masalah maupun proses penyelesainnya
  • Layanan melalui aksi – aksi dari seseorang berkaitan erat dengan keahlian dan keterampilan daripada orang yang mampu memenuhi kebutuhan daripada orang lain, biasanya adalah karayawan tingkat menengah dan kebawah.

Menurut Simanora (2013) menyatakan bahwa kualitas pelayanan dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya :

  • Layanan yang istimewa dapat memberikan keleluasaan kepada penyedia layanan untuk dapat menetapkan suatu harga yang signifikan
  • Layanan istimewa membuka peluang untuk diverifikasi produk dan harga
  • Membangun loyalitas pelanggan
  • Dampat menjadi sumber informative positif bagi perusahaan untuk pihak luar
  • Dapat menjadi sumber informasi bagi bagi perusahaan dalam hal intelejen pemasaran
  • Dapat menghemat biaya akuisisi pelanggan, karena pelanggan akan datang dengan sendirinya
  • Dapat memuaskan pelanggan dan karyawan, karena kedua tujuan pribadi dari masing – masing pihak tercapai.

Yap ! mungkin sekian mengenai pelayanan, semoga dapat memberikan kontribusi yang positif berupa pengetahuan dan wawasan bagi kamu yang sedang membutuhkan pengetahuan mengenai artikel yang berjudul jenis dan manfaat dari pelayanan yang dibahas pada saat ini, saya mengucapkan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *