You are here: Home » Kesehatan » Ini dia penyebab seseorang keracunan makanan dan cara mencegahnya

Ini dia penyebab seseorang keracunan makanan dan cara mencegahnya

Ini dia penyebab seseorang keracunan makanan dan cara mencegahnya – Salah satu faktor penunjang kesehatan seseorang adalah makanan.

Jika makanan yang kita konsumsi adalah makanan yang sehat, maka sudah pasti kita akan menjadi pribadi yang sehat.

Namun bagaimana jika makanan yang kita konsumsi adalah makanan yang tidak sehat?

Sudah pasti makanan itu juga akan berpengaruh kepada kesehatan kita. Seperti misalnya kita mengalami keracunan setelah mengkonsumsi makanan itu.

Keracunan sepertinya bukanlah berita baru yang mencul di pemberitaan nasional bahkan internasional.

Karena keracunan sudah menjadi sebuah  pemberitaan yang bisa terjadi dimana saja dan kepada siapa saja. Walaupun seperti itu, apakah terdapat cara untuk mencegah agar kita tidak keracunan?

Keracunan memiliki beberapa penyebab yang harus kita ketahui sejak dini dan ajarkan kepada anak- anak kita agar kita sekeluarga bisa terhindar dari keracunan.

Apa saja penyebab dari keracunan dan cara mencegahnya? Berikut beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan dalam keseharian kita:

  1. Penyebab keracunan yang pertama adalah karena kita mengkonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi bakteri, virus, jamur, atau parasit yang berbahaya bagi tubuh kita. Seperti misalnya kita mengkonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi bakteri Campylobacter, salmonella, Escherichia Coli (E.Coli), Listeria, dan Shigella.
  2. Penyebab lain yang dapat menyebabkan kita keracunan adalah karena kita mengkonsumsi makanan yang sudah kadaluarsa. Itulah kenapa ketika kita hendak membeli makanan, kita diharuskan memperhatikan beberapa hal pada kemasan makanan itu. Seperti tanggal produksi, tanggal ekspired/ kadaluarsa, cara penyimpanan, serta izin khusus produksi yang menandakan bahwa makanan yang hendak kita konsumsi adalah makanan yang aman dan sudah teruji oleh dinas kesehatan terkait. Karena selain karena kadaluarsa, makanan bisa terkontaminasi jika kita tidak menyimpannya dengan cara dan tempat yang benar.
  3. Selain itu jika kita mengkonsumsi makanan yang sudah bersentuhan langsung dengan orang sakit, kitapun juga bisa keracunan dan tertular penyakit. Itulah sebabnya kita dilarang mengkonsumsi makanan yang sudah dimakan oleh orang lain terkecuali kita sudah benar-benar yakin orang itu bersih dari penyakit.
  4. Makanan yang terkontaminasi juga terkadang datang dari cara pengolahan makanan tersebut. Seperti misalnya menggunakan peralatan yang tidak higienis untuk memasak. Peralatan yang kotor atau menggunakan peralatan yang sudah berkarat menjadi salah satu cara makanan dapat terkontaminasi. Misalnya kita menggunakan pisau yang habis dipergunakan untuk memotong daging mentah untuk memotong buah yang hendak kita makan.
  5. Cuci bahan makanan sampai bersih dengan menggunakan air mengalir. Hal ini juga sangat penting mengingat banyak dari petani sayur atau buah yang menggunakan pestisida atau insektisida untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Jika pestisida tersebut masih menempel pada sayur atau buah dan kita tidak mencucinya sampai bersih maka sudah dipastikan kita akan mengalami keracunan. Pencucian pada air mengalir sangat disarankan karena dengan air mengalir, bakteri atau virus berbahaya yang kita bersihkan dari sayur atau buah dapat terbawa aliran air.
  6. Koki atau pembuat makanan juga termasuk faktor penting lain yang dapat mempengaruhi seseorang untuk bisa keracunan atau tidak. Untuk itulah koki sebelum mulai memasak harus dalam kondisi higienis dan tidak dalam keadaan sakit. Karena jika koki tidak dalam keadaan fit, sudah pasti tingkat fokusnya terhadap tingkat kematangan makanan akan terganggu. Makanan yang tidak dimasak sampai benar- benar matang juga mampu menjadikan seseorang mengalami keracunan.
  7. Pertajam pengetahuan kita tentang tata cara memilih dan membeli bahan makanan. Karena selain dibahas pada poin kedua, pengetahuan kita akan kandungan senyawa kimiawi pada suatu makanan juga harus tajam. Karena saat ini, sudah sangat banyak bahan makanan yang menggunaan pengawet yang memiliki pengaruh negatif pada tubuh kita.
  8. Selain pengetahuan pada cara pemilihan bahan makanan, pengetahun pada pertolongan pertama pada saat terjadinya keracunan adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki. Karena dengan pengetahuan tersebut, kita bisa mengetahui sejak dini makanan apa yang beracun berserta cara memberikan pertolongan pertama kepada orang yang keracunan. Orang yang mengalami keracunan secara umum akan merasa pusing, mual hingga muntah- muntah, diare, demam, dehidrasi, dan secara mendadak kehilangan nafsu makan. Dan salah satu pertolongan pertama yang bisa kita lakukan pada keracunan adalah banyak- banyak meminum air rehidrasi oral atau oralit. Karena orang yang yang keracunan biasanya kehilagan jumlah cairan tubuh.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami keracunan beserta apa saja yang bisa kita lakukan agar bisa terhindar dari bahaya keracunan.

Selain itu terdapat beberapa hal lain yang harus kita perhatikan pada masalah keracunan ini.

Orang yang keracunan biasanya adalah orang yang memiliki tingkat kekebalan tubuh yang rendah. Oleh karena itu orang yang keracunan biasanya adalah anak- anak, bayi, orang lanjut usia, wanita hamil, serta banyaknya makanan tidak sehat yang sudah dikonsumsi.

Secara khusus, bayi yang keracunan adalah salah satu hal yang mengharuskan kita untuk segera melakukan pemeriksaan oleh dokter. Karena bayi yang keracunan bisa jadi karena ibu yang menyusuinya sudah keracunan.

Namun, karena ibu yang menyusui memiliki kekebalan tubuh yang kuat, keracunan jadi menurun kepada bayi yang disusuinya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : KESALAHAN BERIKUT INI DILAKUKAN SEMUA ORANG SAAT MENGATUR KEUANGAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *