You are here: Home » Lainnya » Fungsi Utama RNA Yang Perlu DIketahui

Fungsi Utama RNA Yang Perlu DIketahui

Fungsi Utama RNA Yang Perlu DIketahui – RNA adalah senyawa yang membantu menciptakan produksi protein dengan ideal. Hal ini sering kali dikaji dalam teori biologi molekul yang Disebut Dogma Sentral Biologi Molekuler. RNA sendiri merupakan senyawa yang dikenal dengan istilah kimia asam ribonukleat.

Fungsi Utama RNA Yang Perlu DIketahui

Fungsi Utama RNA Yang Perlu DIketahui

Pada satu sisi, RNA ini dibutuhkan untuk menyamai fungsi DNA. Namun karena DNA bergerak di alam inti sel, sedangkan protein lahir dari ribosom sebuah tempat dalam sitoplasma, maka RNA memiliki peranan paling penting dibanding DNA yang peran intinya akan kami jelaskan secara singkat di artikel ini.

Jenis-Jenis RNA

RNA dibagi menjadi dua jenis yaitu RNA Genetik dan RNA Non Genetik.

  1. RNA Genetik

RNA genetik adalah RNA yang memiliki peranan sama dengan peran DNA yaitu bertanggung jawab terhadap terjadinya materi genetik. Makanya kedua unsur ini juga disebut molekul genetik. Menurut ahli biologi, tidak semua mahluk memiliki senyawa semacam ini dan hanya mahluk tertentu saja yang memilikinya dan salah satunya adalah mahluk bernama virus.

  1. RNA Non Genetik

RNA non genetik adalah RNA yang memiliki fungsi berbeda dari DNA. Senyawa ini hanya ada pada mahluk yang sistem genetikanya diatur secara saklek oleh DNA. Maka dari itu, mahluk hidup yang memiliki RNA non genetik juga memiliki DNA.

Fungsi Utama Dari RNA

Fungsi RNA adalah membantu produksi protein dan sintesis. selain itu unsur asam ribonukleat ini juga berperan sebagai penghantar ekspresi genetik dan beberapa jenis parsial dari katalisis kimia yang terjadi di dalam proses pembentukan ikatan peptida molekuler RNA yang lain.

Menurut konsep fungsional di atas, fungsi utama dari RNA adalah mengatur lalu lintas salinan fundamental dari asam deoksiribonukleat suatu DNA untuk diinformasikan sebagai perintah ke dalam protein agar nantinya protein bisa memunculkan sel yang baru.

Itulah fungsi utama RNA yang harus diketahui oleh insan-insan yang ingin menggeluti masalah genetika lebih mendalam. Semoga narasi singkat ini bisa meningkatkan pengetahuan kita bersama tentang apa itu RNA sekaligus perbedaannya dengan DNA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *