You are here: Home » Uncategorized » Fungsi dan Struktur Hemoglobin

Fungsi dan Struktur Hemoglobin

Fungsi dan Struktur Hemoglobin – Kekurangan unsur di dalam tubuh bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah bisa menimbulkan gangguan anemia, leukemia bahkan kanker.

Maka dari itu, mengetahui tentang peran dari unsur tubuh merupakan fardu ain yang tidak boleh ditinggalkan. Salah satunya adalah mengetahui pengertian dan fungsi dari hemoglobin.

Pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang pengertian hemoglobin beserta fungsi dan strukturnya. Semoga penjabaran singkat ini bisa menjadi tambahan ilmu bagi anda.

Pengertian, Fungsi dan Struktur Hemoglobin

Pengertian Hemoglobin

Hemoglobin adalah sejenis protein yang di dalamnya berisi zat besi dengan jumlah ideal. Protein ini berada di dalam sel darah merah yang terus mengalir intens di dalam tubuh melalui jalur arteri. Jika arteri tidak ada hambatan, sirkulasi darah merah juga lancar. Itu artinya pasokan hemoglobin pada tubuh juga maksimal.

Hemoglobin tidak hanya terdapat pada manusia tetapi juga pada hewan. Yang menjadi pembeda hanya fungsinya saja sekalipun efeknya sama yaitu menjaga tubuh tetap sehat.

Fungsi Hemoglobin

Fungsi Bagi Manusia

Hemoglobin berfungsi untuk membantu darah mengangkut oksigen lalu disebarkan ke segala organ tubuh. Jika kadar hemoglobin berkurang, tentu darah tidak mampu bekerja dengan baik yang efeknya pasokan oksigen yang masuk ke jantung, ginjal dan otak menjadi tidak ideal. Ini yang menjadi alasan, kekurangan darah bisa disertai dengan gangguan kepala, sakit di area perut dan nafas berdegup lebih cepat.

Fungsi Bagi Hewan

Fungsi hemoglobin bagi hewan adalah membantu mengangkut karbondioksida tubuh agar bisa dikeluarkan melalui nafas. Artinya dengan hemoglobin, karbondioksida di kembalikan ke paru-paru agar bisa dilepaskan melalui udara.

Struktur Hemoglobin

Struktur hemoglobin dimulai dari molekul tetramer yang terbentuk dari rantai globin alpha yang berisi 141 asam amino. Protein diatas mempunyai dua struktur penting yang disebut struktur tersier dan sekunder yang keduanya mempunyai 8 segmen heliks.

Di setiap rantai globin terdapat 1 Hemme molekul yang terbuat dari cincin porfirin dengan kandungan 4 molekul pirol yang terhubung bersama siklis plus ligan ion besi yang terikat kuat pada inti pusat.

Itulah pengertian, fungsi dan struktur dari hemoglobin. Penjelasan singkat ini semoga bisa meningkatkan motivasi anda untuk terus mempelajari hemoglobin lebih detil lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *