You are here: Home » Biologi » Cara Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan

Cara Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan

Cara Perkembangbiakan Generatif – Sebagian besar manusia mengagumi keindahan alam yang luas, terutama pada tumbuh-tumbuhannya.

Kita bisa menemukan berbagai macam tumbuhan di dunia ini, mulai dari yang paling mudah ditemui, sampai yang paling jarang ditemui atau yang sering kita sebut dengan tumbuhan/tanaman langka.

Punah atau langkanya suatu tumbuhan bisa dikarenakan tumbuhan tersebut tidak dapat melestarikan spesies atau jenisnya.

Untuk menghindari punahnya tumbuhan-tumbuhan tertentu, maka perlu untuk dilakukan perkembangbiakkan agar bisa melestarikan jenis tumbuhan tersebut.

Salah satu cara tumbuhan melestarikan jenisnya, adalah dengan cara generatif, atau yang juga bisa disebut dengan cara kawin. Perkembangbiakan tumbuhan secara generatif yaitu ketika tumbuhan dapat berkembangbiak sendiri dengan cara alami tanpa bantuan tangan manusia. Perkembangbiakan ini melalui 2 proses, yaitu dengan penyerbukan dan pembuahan.

Bagaimana proses tumbuhan berkembangbiak dengan cara generatif?

  1. Pada awalnya disebut dengan proses penyerbukan, dimana serbuk sari jatuh ke kepala putik. Pada bunga, benang sari adalah alat kelamin jantan, sedangkan putik adalah alat kelamin betina.
  2. Setelah itu, serbuk sari yang telah jatuh tersebut dapat menumbuhkan buluh serbuk sari, buluh sari ini akan mulai berjalan menuju ke bakal biji.
  3. Kemudian apabila buluh serbuk masuk ke bakal biji, sel kelamin jantan (spermatozoid) akan masuk ke bakal biji. Spermatozoid tersebut dapat masuk ke bakal biji karena buluh serbuk sari tersebut.
  4. Selanjutnya maka terjadilah pembuahan dalam bakal biji setelah penyerbukan dilakukan. Pembuahan ini dilakukan dengan dengan cara meleburnya sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina.
  5. Setelah pembuahan yang dilakukan dalam bakal biji, maka hasil yang diperoleh adalah zigot.
  6. Zigot itulah yang nantinya akan menjadi tumbuhan baru hasil dari pembuahan induknya. Pada awalnya zigot akan menjadi lembaga, setelah itu zigot akan berubah menjadi bakal biji, kemudian berubah lagi menjadi buah. Setelah buah, maka akan berubah lagi menjadi daging buah.

Dapat kita simpulkan bahwa cara perkembangbiakan generatif pada tumbuhan yaitu:

Serbuk sari + sel telur -> pembuahan -> menghasilkan buah dan biji -> tumbuhan baru

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan mengenai cara perkembangbiakan generatif pada tumbuhan, semoga dapat memberikan tambahan wawasan serta ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *