You are here: Home » Tips dan Trik » Cara melupakan masa-masa sulit dalam hidup

Cara melupakan masa-masa sulit dalam hidup

Cara melupakan masa-masa sulit dalam hidup – Setiap kita memiliki masa lalu. Baik itu merupakan masa lalu yang membahagiakan ataupun yang menyedihkan.

Namun terkadang, kenangan- kenangan pada masa lalu itu sangat sulit untuk dilupakan. Mungkin tidak akan masalah jika itu kenangan yang membahagiakan. Tapi bagaimana jika itu kenangan masa- masa sulit?

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian dari kita terkadang merasa sangat sulit untuk lepas dari bayang- bayang masa lalu.

Bahkan banyak pula orang yang merasa frustasi karena masalah ini. Bayang- bayang masa lalu menjadikan mereka tidak bisa melakukan segalanya dengan normal seperti biasanya.

Namun walaupun masa lalu adalah hal yang tidak bisa dilepaskan begitu saja dari kehidupan kita hari ini, bukan berarti masa lalu tidak bisa kita lupakan.

Terlebih masa sulit yang sangat kita ingin lupakan. Dan berikut beberapa cara jitu melupakan masa- masa sulit dalam hidup:

  1. Hidup di masa sekarang

Poin ini adalah salah satu poin jitu yang bisa kita lakukan jika kita ingin melupakan masa lalu. Hidup dimasa sekarang maksudnya adalah kita harus fokus pada apa yang kita kerjakan.

Totalitas dalam bekerja serta curahkan segala pikiran kepada apa yang sedang kita kerjakan.

Seperti misalnya jika kita sedang menulis. Fokuslah terus kepada menulis dan jangan biarkan fikiran kita melayang kemana- mana.

Satu hal dalam satu waktu. Jika sedang melakukan sesuatu tidak perlu kita memikirkan apa yang akan terjadi setelah ini, apa yang akan terjadi besok, atau apa yang baru saja terjadi.

Hidup dimasa sekarang menjadikan kerja kita maksimal serta mudah melupakan masa lalu yang kita ingin lupakan.

  1. Cari teman

Jangan pernah biarkan diri kita sendirian. Karena ketika sendirian kita selalu mampu membuka kenangan masa lalu yang sebenarnya sangat ingin kita lupakan.

Carilah teman. Baik itu teman baru ataupun sekedar menghubungi teman lama untuk berkumpul. Selain dapat membuat kita melupakan masa lalu, berkumpul juga dapat membuat kita bahagia dan mendapatkan inspirasi serta ide baru yang dapat membuat hidup kita lebih baik nantinya.

  1. Cari kesibukan

Jika memang memiliki kendala dalam mencari teman atau menghubungi teman lama, carilah kesibukan. Mungkin merangkai sesuatu, menonton sesuatu, atau menikmati sesuatu.

Dengan kesibukan itu pikiran kita mampu teralih dan menjadikan kita melupakan masa lalu yang sangat ingin kita lupakan. Mungkin saja dari kesibukan yang kita lakukan, kita dapat menemukan kegemaran atau hoby baru yang menyenangkan.

  1. Lakukan perjalanan

Ini juga termasuk cara lain untuk dapat melupakan kenangan masa lalu. Lakukan perjalanan kemanapun yang kita suka dapat menyegarkan kembali pikiran kita.

Karena salah satu alasan kita kembali mengingat masa lalu adalah kebosanan. Tapi dengan melakukan perjalanan kita bisa menemui tempat- tempat baru serta suasana baru yang akan mencerahkan pikiran kita dan menjadikan kita bahagia.

  1. Buang barang- barang yang berkenaan dengan kenangan itu

Ini mungkin salah satu cara yang dilakukan oleh banyak orang ketika ingin melupakan kenangan masa lalunya. Terlebih jika kenangan itu berupa kekecewaan cinta.

Namun walaupun begitu, cara ini cukup ampuh juga untuk melupakan masa lalu lainnya yang ingin dilupakan.

  1. Meditasi

Ini adalah cara ampuh lain yang bisa kita lakukan jika ingin melupakan masa sulit. Walaupun sejatinya kenangan tidak bisa dibuang atau dilupakan, namun dengan meditasi kita mampu melihat sebuah kenangan dengan sudut pandang yang berbeda.

Meskipun itu merupakan kenangan sulit dan sangat menyakiti bagi kita.

Dengan meditasi kita bisa mendapatkan pemikiran positif. Seperti misalnya masa lalu adalah hal yang memang harus terjadi. Apapun yang terjadi, itulah yang menjadikan kita seperti sekarang ini.

Itulah beberapa cara melupakan masa sulit dalam hidup yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari- hari.

Jika memiliki cara lain untuk melupakan masa sulit dalam hidup, mari kita berberbagi di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : 6 Penyebab mata panda dan cara mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *