You are here: Home » Uncategorized » Cara Budidaya Tanaman Kacang Hijau

Cara Budidaya Tanaman Kacang Hijau

Cara Budidaya Tanaman Kacang Hijau – Kacang hijau memang tidak pernah lepas dari kehidupan kita sehari- hari, apalagi saat kecil kita sering di ajari bagaimana menanam kacang hijau secara sederhana melalui media gelas akua dan kapas.

Cara Budidaya Tanaman Kacang Hijau

Cara Budidaya Tanaman Kacang Hijau

Pada dasarnya menanam kacang hijau bisa di tanam oleh siapa saja dan untuk para pemula yang ingin belajar menanam tanaman kacang hijau jangan bersedih karena  artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara menanam kacang hijau. Yuk kita simak penjelasan lebih lanjut!

Cara budidaya Kacang HIjau Yang Baik Dan Benar

  1. Media Tanam

Umumnya media yang digunakan adalah tanah. Kenapa tanah? Karena media tanah mudah di dapatkan dan merupakan media tanam yang mempermudah untuk pembudidayaan kacang hijau. Tanah yang di sarankan adalah tanah lembung, yaitu tanah yang memiliki kandungan zat organik banyak. Zat organik dibutuhkan oleh tanaman untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

  1. Mengelola Benih

Seperti halnya tanah, biji kacang hijau juga perlu dirawat secara hati — hati. Jika tanah belum pernah dipakai untuk menanam kacang hijau sebelumnya, maka benih kacang hijau perlu diinokulasi terlebih dahulu, tujuannya adalah agar benih dapat beradaptasi dengan tanah. Inokulasi bisa dilakukan dengan menggunakan bibit bakteri rhizobium.

  1. Penanaman
  • Melubangi tanah dengan jarak yang sesuai. Jika menggunakan kacang hijau bercabang maka jarak tanamnya 40 x 20 cm, sedangkan untuk kacang hijau yang tidak bercabang maka jarak tanamnya sekitar 30 x 10 cm.
  • Setiap lubang diberi isi 3 – 4 biji tanaman kacang hijau.
  • Setiap lubang di beri pupuk organik dan urea atau PPC sebagai pupuk tambahan untuk membantu pertumbuhan kacang hijau.
  • Menutup dan memadatkan lubang dengan tanah, hal ini bertujuan agar tanaman kacang hijau tidak mudah dimasuki hama.
  1. Pemupukan

Ketika tanaman sudah berusia 2 minggu, tanaman kacang hijau memerlukan pupuk sebagi nutrisi untuk pertumbuhannya. Kita bisa memupuk dengan pupuk POC NASA setiap minggu dan bisa dilakukan secara rutin. Perlu di ketahui bahwa pemupukan pada saat masa pertumbuhan dan masa berbunga berbeda. Ketika memasuki masa pertumbuhan maka disarankan untuk menggunakan metode semprot dan pada masa berbunga menggunakan metode siram.

  1. Pengairan

Pengairan dilakukan jika tidak terjadi hujan selama seminggu. Hal ini bertujuan supaya tanaman kacang hijau tidak mengalami kekeringan dan menghindari kacang hijau tidak berkualitas. Lalu bagaimana jika di antara waktu semingu terjadi hujan? Jika di antara waktu seminggu terjadi hujan maka sebaiknya tidak melakukan pengairan pada kacang hijau untuk menghindari kelebihan air. Pengairan dapat dilakukan ketika masa pertumbuhan biji atau saat kacang hijau sudah mulai berkecambah.

  1. Penyiangan

Proses penyiangan merupakan salah satu proses penting dalam membudidaya tanaman. Tujuan penyiangan adalah untuk mengusir gulma atau hama — hama yang menyerang tanaman kacang hijau.

Proses penyiangan sebaiknya dilakukan saat tanah mengering dan tidak menampakkan bunganya. Dan dapat dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali sebelum tanaman kacang hijau berbunga.

  1. Pemberantasan Hama dan Penyakit

 Untuk mengatasi hama dan penyakit bisa lakukan beberapa cara yaitu menanam kacang hijau secara seling dengan tanaman lainnya, lakukan secara serempak selama 10 hari, setelah itu tutup lubang dengan jerami atau bisa membuat sanitasi yang baik. Gunakan Azordin  15 WSC dan Agrothion 50 EC untuk membasmi lalat kacang. Dan memakai Benlate T 20 WP untuk membasmi bercak daun.

  1. Masa Panen

Waktu untuk memanen kacang hijau adalah 75 hingga 100 hari. Namun jika mengingkan produksi dengan kualitas baik maka harus menunggu 100 hingg 110 hari. Tanaman kacang hijau yang siap panen memiliki ciri -ciri:

  • Daun sudah mulai mengkuning.
  • Bagian polong pada kacang berwarna gelap atau menghitam.
  • Polong mulai tampak retak -retak atau gundul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *