You are here: Home » Biologi » Cara Budidaya Tanaman Hias Geranium

Cara Budidaya Tanaman Hias Geranium

Cara Budidaya Tanaman Hias Geranium – Bunga Geranium seringkali kita dengar sebagai salah satu tanaman pengusir nyamuk. Selain manfaat yang ada pada bunga geranium, tanaman ini juga memiliki bentuk dan warna yang menarik. Tak jarang banyak yang memanfaatkan geranium sebagai tanaman penghias rumah. Tanaman ini terbilang mudah perawatannya karena dapat ditanam dimedia apapun.

Geranium atau yang lebih dikenal dengan bunga Tapak Dara ini mengandung zat citronella pada daunnya. Konsentrasi zat yang ada pada daun geranium ini yang akan mengeluarkan aroma khas yang tidak disukai nyamuk. Itu sebabnya tanaman ini banyak diminati karena manfaatnya sebagai pengusir nyamuk alami.

Ingin rumah anda terhindar dari gangguan nyamuk?, yuk hiasi rumahmu dengan tanaman geranium. Tanaman ini dapat ditanam di media pot, baik itu pot gantung maupun pot hias di ruang tamu. Berikut beberapa langkah cara Budidaya tanaman geranium yang kami rangkum

  1. Pemilihan Tempat Menanam

Pilihlah tempat yang mendapat sinar matahari langsung selama 6 jam. Umumnya geranium yang mendapat sinar matahari selama kurang lebih 6 jam setiap harinya akan tumbuh dengan baik. jika anda tinggal ditempat yang mendapat sinar matahari sepanjang tahunnya maka pilihlah tempat menanam yang sedikit tertutup banyangan disiang hari.  Menanam Geranium terbilang mudah, jika anda ingin menanam di media tanam pot maka pilihlah pot yang sesuai. Berikut tips memilih pot untuk menanam geranium;

  • Pot berukuran cukup besar dan sesuaikan dengan jenis geranium yang akan anda tanam. Ukuran pot anta 6 – 10 inchi atau sesuaikan dengan ukuran geraniumnya.
  • Bahan pot berupa plastik atau genteng dan pilihlah pot yang meiliki lubang didasarnya. Gunakan campuran tanah, pasir dan kompos
  • Jika anda menanam di media tanah langsung pilihlah tanah dengan sistem drainase yang baik dan tentunya tanah yang subur dan gembur.
  1. Pemilihan Waktu Tanam

Geranium baik ditanama setelah musim semi setelah salju mencair. Jika anda tinggal diwilayah tropis yang hanya memiliki 2 musim maka waktu yang tepat adalah saat memasuki musim panas.

  1. Cara Menanam Geranium

Pindahkan geranium dari polibag ke media tanam misal pot. Jika ditanam langsung di media tanah, pastikan diameter lubang tanam sekitar 30 cm. Beri jarak tanam hingga 60 cm antara bunga-bunga geranium yang ditanam.

Jika menanam mulai dari benih, maka tanamlah di pagi atau sore hari. Tanam 3-5 benih ke setiap pot yang ditelah disiapkan. Benih akan tumbuh sekitar 7 hari setelah ditanam. Setelah benih tumbuh sisakan  2-3 tanaman dan sisanya tanam di pot yang berbeda. Pastikan tanaman disiram secara rutin, semprotkan fungisida dengan dosis rendah ke tanaman. Fungisida berfungsi untuk menghindari serangan hama belalang atau jangkrik. Letakkan tanaman di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung.

  1. Cara Merawat Geranium

Pastikan saat menyiram tanaman geranium air yang disiram tidak menggenang (cepat terserap). Jika tanaman dalam pot maka siramlah hingga air keluar dari dasar pot (ini sebabnya anda membutuhkan pot dengan dasar berlubang). Rutin berikan kompos pada tanaman geranium. Singkirkan bagian yang mati atau yang berwarna kecoklatan seperti pada bagian daun, batang, dan bunga. Tujuannya agar bagian yang rusak dapat tumbuha dengan baik lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *