You are here: Home » Biologi » Seberapa Penting Bioteknologi Pertanian?

Seberapa Penting Bioteknologi Pertanian?

Seberapa Penting Bioteknologi Bagi Pertanian? – Bioteknologi adalah salah satu alternatif untuk mengatasi masalah di bidang pertanian terkait kuantitas dan kualitas pangan.

Seberapa Penting Bioteknologi Pertanian

Seberapa Penting Bioteknologi Pertanian

Tidak hanya sampai di sini, disiplin ilmu bioteknologi mencakup alasan pemanfaatan bioteknologi, perkembangan, hingga produk bioteknologi itu sendiri.

Kajian Mendalam tentang Bioteknologi bagi Pertanian

European Federation of Biotechnology memaknai bioteknologi sebagai disiplin ilmu yang melibatkan rekayasa antara ilmu alam dan bagian tertentu dari suatu organisme. Ini dilakukan demi mendapatkan inovasi terbaru sebagai pemecahan masalah di bidang pertanian.

Pemanfaatan bioteknologi di bidang pertanian dianggap sebagai resolusi teraman dan efektif bagi lingkungan maupun lingkup pertanian itu sendiri.

Bioteknologi bukanlah suatu hal yang baru di bidang pertanian. Hal tersebut sudah dipraktikkan secara intensif sejak abad 19.

Beberapa integrase ilmu teknologi yang sering diaplikasikan di bidang pertanian adalah anatomi, genetika, biokimia, imunologi, mikrobiologi, morfogenesis, dan lain sebagainya.

Seberapa Penting Bioteknologi bagi Pertanian?

Mengingat pemanfaatan bioteknologi pertanian dan pertolongan yang diberikan terhadap dunia pertanian, memberikan gambaran bahwa perpaduan teknologi dan ilmu pengetahuan adalah metode paling mutakhir sebagai pemecahan masalah pertanian. Sehingga, ini memang sangat penting dipraktikkan demi keberlangsungan siklus pertanian.

Pentingnya peran biotekologi bagi pertanian dapat dilihat dari beragam inovasi yang telah dicetuskan, seperti:

  1. Pengembangan Bioteknologi dalam Mengatasi Masalah Kekeringan Tanaman

Praktik bioteknologi dalam hal ini digunakan sebagai pemecahan terhadap masalah kekeringan. Lebih lagi masalah kemarau yang mengganggu pertumbuhan tanaman. Dalam pengaplikasiannya, pengembangan bioteknologi jenis ini melibatkan enzim trehalose.

  1. Rekayasa Transfer Genetika

Rekayasa transfer genetika atau transgenik toleran salin dikembangkan dalam mengatasi masalah tanaman liar.

  1. Tanaman Kebal Penyakit

Pemanfaatan bioteknologi dalam hal ini dikembangkan untuk memecahkan masalah penyebaran penyakit tanaman dengan mengembangkan gen thionin.

  1. Tanaman Kebal Hama

Dalam mengatasi masalah hama tanaman, pelaku bioteknologi mengembangkan studi tentang Kristal biopestida. Kristal tersebut diperoleh dari proses ekstraksi dan pemurnian bakteri Bacillus thuringiensis.

  1. Kultur Jaringan

Kultur jaringan adalah metode yang digunakan untuk mendapatkan kualitas bibit unggul suatu tanaman dengan cara menggandakannya. Diketahui bahwa metode ini sudah dilakukan sejak lama terhitung dari mulai berkembangnya ilmu bioteknologi di bidang pertanian.

Seberapa penting bioteknologi bagi pertanian? Pemanfaatannya sudah banyak dilakukan saat ini demi mendapatkan kualitas dan kuantitas mumpuni di bidang pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *