You are here: Home » Kesehatan » Bahan Alami yang bisa digunakan mengobati penyakit biduran

Bahan Alami yang bisa digunakan mengobati penyakit biduran

Bahan Alami yang bisa digunakan mengobati penyakit biduran – Penyakit biduran atau sering disebut dengan istilah kaligatas biasa terjadi karena tubuh melepaskan suatu  zat kimia yand dikenal dengan istilah histamine.

Histamine biasa dilepaskan karena tubuh manusia bereaksi terhadap zat asing yang masuk ke dalam tubuh dan zat ini merupakan pemicu terjadinya alergi.

Belum ada sama sekali penelitian yang dapat menjelaskan secara pasti penyebab penyakit biduran ini. Gejala penyakit ini biasanya ditandai dengan rasa gatal yang kuat disertai bentol-bentol yang besar dan rapat.

Hal ini terjadi karena adanya racun atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Jika bentol ini digaruk maka biasanya akan menyebabkan bentol tersebut menyebar dan menyebabkan efek berantai dari alergi.

Beberapa penyebab yang diduga menyebabkan penyakit biduran diantaranya:

  • Makanan, biasanya makanan laut, susu, telur, kacang-kacangan, cokelat, keju, tomat , produk olahan kedelai , dan juga beberapa jenis berry
  • Reaksi obat seperti antibiotic, aspirin, kodein dan anesthetic
  • Jenis tanaman yang bergetah
  • Infeksi akitab bakteri, parasite dan juga virus
  • Suhu dingin atau panas
  • Sinar matahari
  • Melakukan aktivitas fisik yang menyebabkan banyak keringat
  • Gigitan serangga beracun
  • Kondisi fisik yang diakibatkan penyakit tertentu seperti lupus, fubella dan tiroid, radang pada pembuluh darah atau vaskulitas dan penyakit hepatitis
  • Masalah emosional seperti depresi atau stress

Penyakit ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya tanpa perlu penanganan medis lebih lanjut. Biasanya penyakit ini hanya berlangsung beberapa jam hingga beberapa hari, tetapi kadang pada kasus terntentu penyakit ini dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama dan kadang sulit sekali diobati dan sering kambuh .

Cara pengobatan penyakit  ini bisa dengan :

  • Pemberian obat antihistamin dan kortikosteroid dan obat lain yang bertujuan untuk membantu mengurangi respon pada system kekebalan tubuh
  • Menghindari pemicu yang dikenal
  • Menghindari faktor-faktor yang bisa membuat parah seperti misalnya suhu yang dingin sekali atau panas sekali

Cara mengobati biduran dengan bahan alami dapat dilakukan dengan bahan yang bisa dibuat sendiri di rumah, obat tersebut terbuat dari asam jawa sebesar telur ayam, rimang temulawak, sekitar 15 gram, gula aren secukupnya dan dicampur dengan air 400 cc kemudian dimasak bersama hingga tersisa sekitar 200 cc ramuan yand kemudian disaring dan didinginkan untuk diminum.

Cara lainnya adalah dengan tiga tangkai daun kelor, bawang putih satu suing, pulasari sebanyak dua gram dan ari sekitar 600 cc. semua bahan direbus hingga tersisa sekitar 400 cc kemudian didinginkan dan disaring, ramuan ini diminumkan dua kail sehari setiap 12 jam.

Ada juga cara pengobatan dengan menggunakan 30 gram jombang direbus dengan air sebanyak 400 cc hingga hanya tersisa 200 cc. kemudian ramuain ini diminumkan pada penderita saat ramuan masih hangat.

Alternative lainnya adalah dengan menggunakan 30-60 gram aakr rosa multifona direbus dengan 400 cc ar hingga tersisa 200 cc ramuan dan kemudian diminumkan setiap 12 jam sekali.

Alternative terakhir adalah dengan menggunakan dua sendok the adas atau foeniculum vulgare, dua butir bawang merah, kunyit sektiar 7 cm, semua bahan harus dicuci bersih kemudian direbus dalam 300 cc air. Setelah itu dinginkna dan saring bahan untuk diminumkan setiap 8 jam sekali.

Baca Juga : Cara Mengbati dan menangani Biang kringat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *