You are here: Home » Lainnya » Bagian – Bagian Dari Matahari

Bagian – Bagian Dari Matahari

Bagian – Bagian Matahari – Matahari merupakan salah satu bentuk yaitu sebuah bola pijar yang berukuran sangat besar adalah menjadi pusat dari tata surya. Memiliki diameter rata – rata 1,4 juta Km / 100 kali bumi dengan berat sebesar 300 kali lebih besar dari bumi dengan suhu kisaran 6000 derajat C dari permukaan matahari dan planet – planet lainnya yang mengelilingi matahari.

Bagian – bagian terperinci dari matahari adalah sebagai berikut :

1/Bagian inti matahari / ‘core’

Yang dimaksud dengan inti matahari adalah salah satu bagian dari matahari yang bersifat terpanas yaitu kira – kira sebesar 15.000.000 / 15 juta derajat Celsius. Suhu dan tekanan yang sangat panas tersebut memungkinkan terjadinya proses pemecahan sekumpulan atom menjadi ‘elektron’, ‘proton’ dan ‘neutron’.

2/Bagian ‘fotosfer’

Yang dimaksud dengan fotosfer adalah lapisan pada permukaan matahari dengan jarak yang berlaku sekitar 350 Km. Pada bagian ini masing – masing mempunyai suhu sekitar 6.000 derajat Celsius dan berada pada ketebalan hingga mencapai ukuran sekitar 500 Km.

3/Bagian ‘kromosfer’

Yang dimaksud dengan kromosfer adalah lapisan yang berada di atas bagian dari fotosfer yang mempunyai suhu rata – rata sekitar 6.000 hingga 50. 000 derajat Celcius.

Cahaya lapisan di dalam kromosom pada umumnya sulit terlihat karena adanya lapisan fotosfer. Namun ketika terjadi gerhana matahari total, lapisan kromosfer akan mulai terlihat menyerupai warna – warna merah yang disebabkan adanya kandungan helium dalam jumlah besar.

Pada bagian lapisan kromosom ini tersusun atas lapisan gas yang dapat bergerak secara dinamis karena kemunculannya yang sering yaitu berupa cahaya yang memiliki bentuk lidah api memancar hingga ketinggian sekitar 200 ribu Km yang disebut dengan istilah ‘prominensia’.

4/Bagian ‘korona’

Bagian korona merupakan lapisan terluar dari matahari dimana lapisan ini memiliki warna putih yang akan terlihat mengelilingi matahari saat terjadinya gerhana matahari. Suhu lapisan ini bisa mencapai ukuran jutaan derajat Celcius yang merupakan lapisan gas tipis dengan bentuk yang selalu berubah – ubah.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang bagian matahari, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *